5 Cara Mencegah Atap Bocor

cara mencegah atap bocor

Atap bocor menjadi salah satu masalah klasik di setiap rumah. Apalagi saat musim penghujan tiba, beberapa rumah yang tak dirawat secara maksimal bisa saja mengalami kebocoran berat. Mengalami kebocoran di rumah tentunya akan membuat anda dan para penghuni rumah tidak nyaman. Tak hanya itu, membiarkan atap yang bocor juga bisa memicu terjadinya bahaya lho. Bayangkan saja jika Anda tidak menyadari ada atap yang bocor. Saat hujan deras, maka air cenderung masuk ke rumah dan mmebuat lantai licin. Jika tidak waspada maka Anda atau penghuni lainnya bisa saja terpeleset dan jatuh karenanya.

cara mencegah atap bocor

Selain itu, kondisi atap yang bocor mau tidak mau mengharuskan Anda menyiapkan dana ekstra untuk perbaikan. Daripada mengalami begitu banyak kerugian mulai dari ketidaknyamanan, keselamatan yang terancam hingga pengeluaran ekstra, bukankah lebih baik jika Anda mencegah kebocoran sebelumnya?

Nah, menghindari atap bocor selamanya memang tidak mudah. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Apa saja cara mencegah atap bocor ini? Simak ulasan berikut:

  1. Pengecekan Secara Berkala

Anda bisa mengecek atap rumah secara keseluruhan atau area yang memang pernah bocor sebelumnya. Pengecekan ini setidaknya bisa Anda lakukan setahun sekali ataupun lebih sering, khususnya saat memasuki musim penghujan agar bisa terhindar dari atap bocor.

Jika Anda menemukan sampah atau benda lain di atas atap, maka pastikan untuk membersihkannya. Sampah bisa  menyumbat aliran air saat hujan tiba. Jika air hujan tergenang, maka ini bisa memicu kerusakan pada atap sehingga atap akan bocor.

Sebaliknya, jika Anda menemukan bagian atap yang rapuh maka segera ganti. Kerusakan yang terlihat lebih awal tentunya akan memerlukan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan kerusakan yang ditemukan lebih lama bukan?

  1. Desain Miring yang Ideal untuk Atap

Salah satu cara mencegah atap bocor adalah dengan mendesain bagian atap dengan bentuk miring. Kemiringan atap ini juga harus ideal yaitu sekitar 30-40 derajat. Atap yang miring tentunya membuat air hujan bisa mengalir lebih cepat. Selain itu, atap yang miring juga bisa memudahkan benda yang mungkin jatuh ke atap untuk langsung turun. Pemasangan atap yang terlalu landai bisa memicu resiko atap bocor juga lho.

  1. Gunakan Material Waterproof untuk Atap

Fitur waterproof yang diaplikasikan pada atap bisa membantu mencegah atap bocor. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai material waterproof untuk atap di berbagai toko bangunan. Meski menggunakan atap waterproof, Anda harus memastikan pemasangan dilakukan dengan benar agar sistem waterproofnya efektif.

  1. Hindari Menanam Pohon Besar di Dekat Atap Rumah

Rumah dengan halaman yang diisi beberapa jenis pohon dan tanaman tentunya akan membuatnya lebih sejuk dan segar. Bahkan tidak sedikit rumah yang kelihatan lebih indah dan asri karena pohon. Namun, Anda harus menghindari menanam pohon besar di dekat atap rumah. Anda tentu tahu bahwa pohon akan mengalami pertumbuhan di mana ia semakin lama akan semakin besar dan rindang. Ranting-rantingnya dan buah (jika ada) akan jatuh dan merusak atap rumah jika posisinya terlalu dekat dengan atap.

  1. Pemasangan Ventilasi yang Benar

Keberadaan ventilasi udara akan berpengaruh dengan kondisi atap rumah. Saat musim kemarau tiba, panas matahari akan menerpa bagian genteng sehingga memicu penurunan kondisi genteng. Dengan ventilasi yang cukup, maka udara panas yang terjebak bisa keluar dengan mudah.

Semoga informasi mengenai cara mencegah atap bocor di atas bermanfaat untuk anda ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *