Bagaimana Cara Membersihkan Rumah Pasca Banjir?

cara membersihkan rumah pasca banjir

Memasuki musim penghujan, beberapa wilayah di Indonesia mengalami musibah banjir seperti Jakarta, Bandung hingga beberapa kota dan daerah di luar Jawa. Musibah banjir selalu membawa dampak negatif bagi masyarakat. Salah satu dampak negatifnya adalah rumah yang kotor setelah banjir surut. Membersihkan rumah di hari biasa saja cukup menguras tenaga. Apalagi jika Anda harus membersihkan setelah banjir surut. Bayangkan saja lantai rumah penuh lumpur dan kotoran yang terbawa air hingga furniture-furniture yang terendam.

cara membersihkan rumah pasca banjir

Nah,untuk membantu Anda,  berikut ini adalah beberapa cara membersihkan rumah pasca banjir yang bisa Anda terapkan:

  1. Pastikan Arus Listrik Mati

Saat banjir surut, maka setiap orang ingin cepat kembali ke rumah dan beraktifitas seperti semula. Namun pastikan Anda memperhatikan kondisi arus listrik di rumah sebelum memulai kegiatan bersih-bersih. Memastikan arus listrik mati akan menghindarkan resiko tersengat listrik saat Anda dan anggota keluarga kembali ke rumah pasca banjir. Anda harus ingat bahwa listrik begitu sensitif jika terkena air.

  1. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan untuk Bersih-Bersih

Berbeda dengan kondisi rumah di hari biasa, Anda tidak tahu apa saja yang masuk ke dalam rumah seiring banjir yang terjadi. Untuk itu, Anda harus menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, sarung tangan, masker, pelindung mata hingga sepatu boot. Pastikan pakaian yang Anda gunakan nyaman untuk bersih-bersih ya.

  1. Bersihkan Lantai Terlebih Dahulu

Cara membersihkan rumah pasca banjir yang pertama adalah dengan mengeringkan lantai dan membersihkannya dari noda yang menempel. Anda bisa menggunakan cairan desinfektan agar lebih steril. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air panas untuk membantu membunuh bakteri pembawa penyakit.

  1. Kelompokkan Barang-Barang yang Terkena Banjir

Banjir datang tanpa diundang, otomatis banyak orang tidak siap untuk menyelamatkan berbagai barang yang dimiliki. Anda bisa memulai dengan mengelompokkan barang yang terkena banjir. Pisahkan barang yang terendam sepenuhnya dan sebagian. Pengelompokkan ini akan memudahkan Anda dalam membersihkannya.

  1. Bersihkan Furniture yang Terendam Air

Saat banjir tiba, tidak mungkin untuk mengangkat furniture di rumah. Untuk itu bisa dipastikan furniture, perabotan atau mebel di rumah akan terendam air. Anda bisa membersihkan furniture ini dengan cara membilasnya terlebih dahulu agar tidak timbul flek akibat air bekas banjir. Selanjutnya oleskan minyak dan gosok menggunakan lap bersih hingga noda hilang. Anda juga bisa melakukan pelitur ulang di beberapa perabotan agar tampilannya kembali mengkilap.

  1. Cuci Pakaian atau Barang Berbahan Kain dengan Benar

Untuk pakaian dan barang berbahan kain ini, Anda bisa mencucinya menggunakan air panas. Tak hanya itu, mencucinya lebih dari sekali juga akan membantu membersihkan dengan lebih baik. Pastikan pakaian dan barang berbahan kain ini dijemur dan kering dengan sempurna untuk menghindari bau tidak sedap.

  1. Periksa Barang Elektronik dan Kendaraan yang Ada di Rumah

Lap dan bersihkan semua barang elektronik yang ada di rumah. Jika barang tersebut mengalami konslet maka segera bawa ke tukang service untuk diperbaiki. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika memang Anda tidak mampu. Kemudian, Anda juga harus memeriksa kendaraan yang ada di rumah jika kendaraan tersebut kondisinya terendam banjir. Pastikan untuk membawa ke bengkel agar bisa diperiksa dan diperbaiki jika ada yang rusak.

Membersihkan rumah pasca banjir memang tidak mudah. Tapi cara-cara di atas harus Anda lakukan dengan baik agar rumah kembali nyaman dan layak untuk dihuni.

Selamat bersih-bersih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *