Batu Merah VS Batako VS Batu Bata Ringan Sebagai Bahan Bangunan

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan. Bila tak ada rumah maka manusia tidak bisa berlindung dan berisitirahat dari segala aktivitasnya. Rumah di era secanggih ini juga dijadikan salah satu lahan bisnis seperti untuk dikontrakkan maupun jaminan untuk pinjaman ke bank. Bagi anda yang hendak membangun rumah sedari awal tentu tugas yang berat dalam menentukan bahan bangunan yang tepat untuk rumah impian anda. Aplikasi jika pilihannya lebih dari satu pilihan, misalnya saja untuk bahan bangunan rumah andaperlu memilih menggunakan batako,batu merah ataukah batu bata ringan. Tentu setiap bahan ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut perbedaannya yang bisa anda simak sebagi berikut :

Batu bata merah

Batu bata merah sering anda jumpai sebagai bahan bangunan rumah. Batu bata merah memiliki harga yang lebih murah ketimbang bata ringan.Bahan ini menggunakan tanah liat khusus yang dicetak kemudian dibakar dalam suhu tinggi. Cetakan untuk batu bata ini relatif kecil sehingga untuk membangun sebuah dinding saja butuh ratusan bahkan ribuan batu bata merah. Batu bata merah yang terbuat dari tanah liat yang sudah mengeras ini juga adem dan kokoh jika dipakai untuk dinding. Batu bata merah akan sangat ampuh menahan panas namun menciptakan beban yang cukup berat untuk struktur bangunan itu sendiri. Untuk memakainya sebagai bahan bangunan juga hanya dibutuhkan semen dan pasir saja.  Batu bata merah untuk kebutuhan ruangan kedap air harus menggunakan perbandingan 1 : 2 atau 1: 3 . Untuk ruangan biasa yang tak kedap air hanya perlu menggunakan perbandingan 1 : 4 untuk takaran semen dan pasirnya.

Sumber : https://mitrarenov.com

Batako

Bahan selanjutnya ialah batako yang ukurannya jauh lebih besar ketimbang batu bata merah. Dikarenakan ukurannya yang jauh lebih besar maka untuk membuat satu tuangkan saja hanya butuh beberapa puluh batako. Batako terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang mana memiliki ukuran yang sama sehingga sangat presisi. Biarpun ukurannya jauh lebih besar namun untuk kekokohannya masih lebih rendah ketimbang batu bata merah. Batako juga terasa panas jika digunakan untuk rumah di daerah tropis yang kaya akan sinar matahari. Bagi anda yang tinggal di daerah dingin tentu bahan ini sangat bagus untuk bangunan properti yang dimiliki. Batako juga tidak mudah bocor sehingga terjadi rembesan sangat tipis namun besar kemungkinannya terjadi retakan rambut pada dindingnya.

Bata ringan

Bata ringan sering disebut sebagai hebel atau celcon. Bata ringan merupakan salah satu produk terobosan yang memanfaatkan teknologi mesin sehingga mudah diproduksi dan lebih seragam jika dilihat dari ukurannya.  Seperti namanya bata ringan memiliki berat yang jauh lebih ringan ketimbang bahan bangunan lain. Ukurannya yang lumayan besar memudahkan andadalam pengerjaan dinding karena lebih cepat dalam pemasangan. Biarpun ringan jenis bahan bangunan ini juga dikenal sangat kokoh bahkan tahan akan gempa bumi. Sayangnya bahan bangunan ini masih sangat sulit untuk ditemukan di berbagai toko bangunan di pedesaan. Masyarakat juga hanya beberapa orang saja yang mengetahui bahan bangunan bata ringan ini. Selain itu untuk pemasangan batu ringan butuh orang yang cukup ahli dalam pemasangannya dan menggunakan perekat khusus.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan bangunan seperti batu bata merah,batako maupun bata ringan. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihannya anda pasti lebih mudah menentukan pilihan, bukan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *