Cara Jadi Developer Tanpa Modal

Apakah mungkin ada peluang usaha yang bisa anda lakukan Ra pa harus mengeluarkan modal sepeserpun? Bagi beberapa orang yang belum mengenal dunia bisnis tentu pertanyaan ini akan langsung dijawab “tidak mungkin bisa”. Sebagai seorang bisnismananda dituntut selalu kreatif dan pantang untuk menyerah. Tidak ada yang tidak mungkin dalam bis ia bahkan peluang menjadi developer tanpa modal pinjaman bisa saja terjadi. Anda tak percaya? Coba simak beberapa trik berikut ini siapa tahu anda tertarik untuk menjadi developer mulai dari sekarang.

Lebih dekat dengan istilah developer

Sebelum mengetahui cara untuk memulai bisnis properti sebagai developer tanpa modal maka ada baiknya anda mengenal dahulu makna dari developer itu sendiri. Developer merupakan perusahaan atau perorangan yang usahanya di bidang pembangunan perumahan. Hak dan kewajiban dari developer properti sendiri juga telah diatur pada perundangan khusus. Prinsip sebagai developer properti ialah anda dituntut untuk bertanggung jawab atas hak konsumen dalam pemenuhan rumah hingga layak digunakan.

Developer tanpa modal

Memang sulit mempercayai developer tanpa modal karena bisnis properti merupakan jenis usaha padat modal. Terlebih modal ya g dibutuhkan pun dalam jumlah yang besar sehingga tak semua orang bisa menjadi developer. Biarpun begitu berikut trik menjadi developer tanpa modal yang bisa anda tiru dibawah ini :

Sumber : https://c1.staticflickr.com

Diskusikan dengan pemilik lahan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menjadi developer properti tanpa modal ialah mencari tuan tanah. Cobalah untuk mengajak diskusi si tuan tanah agar mau menjual tanahnya secara bertahap. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan waktu mencari pelanggan terlebih dahulu.

Pinjam dana dulu

Walaupun anda berhasil menyakinkan tuan tanah namun masih ada kendala lainnya yang menghadang yakni biaya pembangunan properti. Tentunya anda membutuhkan dana yang tidak bisa dibilang sedikit. Untuk itu cobalah untuk meminjam dana ke orang terdekat yang dimiliki. Yakinkan mereka bahwa anda akan segera mengembalikan pinjaman sesegera mungkin setelah unit yang anda miliki terjual.

Lakukan promosi irit modal

Selanjutnya carilah pembeli dengan gencar mengiklankan lahan yang anda miliki. Anda bisa mencari pelanggan melalui media sosial dengan broadcast penawaran lahan untuk perumahan di media sosial.  Pastikan anda sudah memiliki desain properti yang hendak dibangun sebagai gambaran untuk konsumen anda.

Gunakan jasa teman

Coba cek handphoneanda dan temukan teman yang memiliki profesi sebagai notaris. Jika memiliki relasi seorang notaris maupun pejabat pembuat akta tanah maka ajaklah kerja sama agar urusan legalisasi lancar dan pelanggan semakin yakin membeli unit rumah di tempat anda. Jika tidak memiliki relasi maka dahulukan uang muka unit untuk membayar kebutuhan notaris.

Undang investor

Selanjutnya untuk tahap pembangunan ada baiknya mencari investor yang bisa mendanai pembangunan unit anda. Dengan adanya pelanggan dan lahan yang strategis tentu investor akan tertarik untuk bekerja sama dengan anda. Tentukan sistem pembayaran bertahap agar jelas dan tidak mengalami kendala kredit macet dikemudian hari. Selain investor anda juga bisa mengajak pihak bank untuk bekerja sama. Apalagi saat ini kredit perumahan rakyat memiliki peminat yang cukup tinggi.

Selain itu seorang developer juga harus mempertanggung jawabkan omongannya agar reputasinya Dimata konsumen dan partner terus terpercaya. Jangan takut untuk mengenal berbagai orang karena hal ini membuka jalan untuk membangun relasi anda di masa depan. Bagaimana sudah mulai tertarik untuk menjadi developer properti ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *