Cara Memasang Karpet Genteng Yang Benar

Untuk melindungi bagian atap rumah agar tidak bocor biasa digunakan karpet genteng. Karpet genteng ini merupakan karpet kedap air  yang biasa digunakan untuk menutup atap. Dengan memakai karpet genteng anda tak perlu takut  akan rembesan air hujan akan masuk melalui celah pembatas antara dinding bangunan dan genteng.  Karpet genteng juga dipakai untuk bahan baku pembuatan talang air. Jika anda hendak membelinya maka bahan ini akan dijual per roll. Untuk harga sendiri sangat bervariatif tergantung ketebalan dari karpet yang anda pilih. Terdapat dua jenis warna dari karpet genteng ini yakni hitam dan putih. Untuk harga karpet genteng dengan warna merah memiliki harga yang lebih tinggi dibanding warna hitam. Untuk memasang karpet genteng ini juga tidak boleh sembarangan dan bagi anda yang masih pemula bisa menyimak caranya berikut ini :

Pasang Rangka Talangnya Dahulu

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memasang rangka talang terlebih dahulu. Ukur dan buatlah rancangan garis tata letak talang dengan memakai kapur garis.  Talang harus dipasang menurun ke sudut bawah agar air bisa mengalir lancar ke pipa.  Tentukan titik awal dan titik tertingginya kemudian titik ujung dimana lokasi pipa vertical berada.  Setelah selesai mengukur maka buatlah rangka dari bahan kayu. Kerangka kayu ini dipakai untuk menompang karpet genteng sehingga terpasang pas.

Sumber : https://i1.wp.com/obatrindu.com/

Pastikan Terpasang Pas

Dalam memasang talang air lakukan dengan memiringkannya ke atas hingga ujung belakang talang terpasang pas ditempatnya.  Ada baiknya lapisi talang dengan potongan aluminium tipis untuk menjaga kebocoran air dari keretakan kecil. Lanjutkan pasang pipa vertical pada talang dengan penyambung pipa.Kemudian rekatkan setiap kelim sambungan talang dengan sealant dan tunggu hingga kering. Untuk mengecek apakah talang terpasang dengan baik atau tidak  maka ada baiknya anda mencoba mengalirkan air.

Hamparkan Karpet Genteng

Setelah talang air terpasang pas selanjutnya anda tinggal memasang karpet genteng. Untuk memasang karpet genteng cukup dengan menghamparkannya diatas rangka kayu serapi mungkin. Setelah terpasang pada posisi yang pas selanjutnya rekatkan dengan lem maupun memasang paku. Jika anda memakai lem sebagai perekatnya maka pilihlah lem laut yang biasa dipakai untuk daerah yang mudah lembab. Lem tertentu bahkan bisa bekerja dengan baik walau suhu sangat panas ataupun dingin.

Jangan Lupa Dites!

Langkah terakhir dalam memasang karpet genteng ialah mencobanya. Untuk mengetesnya sangatlah mudah sama halnya dengan mengetes saluran talang air tadi. Anda cukup mengalirkan air kemudian pantau apakah terjadi rembesan atau kebocoran atau tidak. Apabila air tidak merembes dibagian bawah maka karpet genteng anda terpasang dengan baik. Lanjutkan dengan merapikannya dan tutupi area pinggir karpet tersebut.

Pasang Gentengnya

Meskipun sudah menggunakan karpet genteng bukan berarti pemasangan genteng anda asal-asalan. Ada dua jenis material genteng yang digunakan  yaitu genteng drai tanah liat dan genteng metal.  Untuk memasang genteng dari metal usahakan keringannya antara 20-30 derajad. Untuk mengikatnya gunakan paku ulit diatas sayap nok bagian samping. Untuk pemasangan genteng dari tanah liat  karena pemasangannya per baris maka susun serapi mungkin. Pastikan genteng tanah liat yang dipakai tidak retak atau pecah sehingga mampu mengindikasikan kebocoran di kemudian hari. Selanjutnya aplikasikan cat waterproof ke permukaan genteng untuk mencegah terjadinya rembesan air dan kebocoran.

Nah mudahkan memasang karpet genteng sendiri? Jika anda masih pemula sangat disarankan untuk didampingi yang sudah ahli untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *