Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga

Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga

Tangga menjadi satu bagian rumah yang penting, khususnya untuk bangunan yang terdiri lebih dari satu lantai. Bahkan tidak sedikit orang yang memberikan perhatian ekstra pada bentuk dan desain tangga saat membangun sebuah hunian. Apakah hunian Anda juga memiliki tangga? Jika iya, maka mungkin Anda termasuk salah satu orang yang merasa bimbang untuk memasang karpet atau tidak pada tangga. Beberapa orang memilih memasang karpet pada anak tangga agar tangga tidak licin saat dipijak. Selain itu faktor estetika juga menjadi alasan mayoritas orang untuk memasangnya.

Meski terlihat sepele, pemasangan karpet ini tidak boleh dilakukan dengan asal lho. Bahkan seseorang harus menggunakan teknik khusus untuk memasang si karpet. Hal ini dilakukan agar hasil pemasangan bagus dan bisa berfungsi secara optimal.

Bagaimana Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga?

Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga

Pada dasarnya ada beberapa jenis karpet yang bisa Anda pasang pada anak tangga. Sebut saja ada karpet berbahan wol, tenun hingga woven. Setiap jenis bahan karpet tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, kabarnya karpet tangga dengan bahan woven adalah yang terbaik. Karena bahannya yang berkualitas tinggi dan langka, maka karpet woven juga dikenal dengan harganya yang relatif mahal.

Nah, terlepas dari jenis karpet yang Anda pilih tentunya pemasangan karpet pada anak tangga tidak boleh asal. Anda bisa saja memasang karpet tersebut sendiri atau meminta bantuan pihak lain. Untuk pemasangan menggunakan jasa pihak lain, sudah pasti Anda harus mengeluarkan biaya ekstra. Lalu bagaimana cara memasang karpet pada anak tangga dengan benar?

Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga

Anda harus tahu bahwa ada dua jenis teknik atau cara memasang karpet pada anak tangga yaitu gaya Hollywood dan gaya waterfall. Keduanya memiliki perbedaan cara memasang dan tampilannya. Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini:

  • Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga dengan Gaya Hollywood

Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga

Teknik pemasangan yang pertama ini secara visual terlihat karpet membalut hampir seluruh permukaan anak tangga. Hal ini karena setiap celah dan sudut anak tangga akan ditutup dengan karpet. Jadi, karpet akan ditempelkan pada bagian depan dan bagian yang ada di area vertikal antara pijakan anak tangga dan lantai.

  • Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga dengan Gaya Waterfall

Cara Memasang Karpet pada Anak Tangga

Cara kedua yang biasa digunakan untuk memasang karpet pada anak tangga adalah gaya waterfall. Berbeda dengan gaya Hollywood, Anda hanya perlu memasang atau menempelkan karpet di bagian permukaan atas anak tangga saja. Jadi tidak ada karpet yang melapisi area vertikal anak tangga. Secara visual, gaya waterfall memberikan kesan jatuh atau mengalir ke bawah

Lalu bagaimana cara memasang atau menempelkan karpet tadi? Anda tidak bisa hanya menaruh karpet pada permukaan tangga saja. Hal ini karena karpet cenderung akan bergerak saat dipijak. Untuk itulah karpet harus ditempelkan secara permanen pada permukaan anak tangga. Penempelan secara permanen ini akan membutuhkan perekat atau lem. Anda bisa memperoleh perekat ini dengan mudah di pasaran.

Karena karpet terpasang secara permanen, tentunya Anda tidak bisa mengangkat karpet untuk membersihkannya. Cara terbaik untuk membersihkan karpet pada anak tangga adalah dengan menggunakan vacuum cleaner dan mesin khusus untuk membersihkan karpet.

Selain membersihkan karpet pada anak tangga secara berkala, Anda juga bisa meminimalisir kotoran yang menempel pada karpet dengan menyediakan keset di setiap bagian ujung atas dan bawah tangga. Jadi setiap orang yang akan memijakkan kakinya pada karpet bisa membersihkan alas kakinya terlebih dahulu di keset. Jangan lupa untuk memasang keset dengan warna atau desain senada dengan karpet agar tampilannya lebih cantik ya.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *