Cara Membuat Batu Pijakan untuk Taman

Cara Membuat Batu Pijakan untuk Taman

Taman yang indah adalah sebuah taman yang sejuk dan terlihat hijau. Namun keindahan dari sebuah taman, tentunya tidak lengkap tanpa adanya batu pijakan taman atu stepping stone. Batu pijakan ini sangat penting untuk taman yang diselimuti oleh rumput hijau. Jadi supaya rumput selalu tampak hijau dan indah, maka cara satu-satunya adalah dengan memberi pijakan taman. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas cara membuat batu pijakan untuk taman. Sebelum itu marilah kita simak jenis batu pijakan taman.

Jenis Batu Pijakan Taman

Cara Membuat Batu Pijakan untuk Taman

Batu Steping Stone taman pada umumnya memiliki berbagai jenis. Tapi saat ini yang paling populer hanya empat saja yaitu batu bulat, batu otak, batu andesit dan batu alam purwakarta. Harga dari jenis batu pijakan ini sendiri tentunya berbeda-beda.

Untuk jenis batu bulat dan batu kotak, umumnya terbuat dari batu alam biasa. Ukuran diameter dari keduanya berkisar antara 30 cm sampai dengan 40 cm. Batu-batu ini sering sekali dihias dengan warna yang bervariasi supaya lebih cantik. Akan tetapi, banyak sekali pengguna yang lebih terarik dengan warna netral seperti warna asli batu sendiri, hitam dan putih.

Sementara itu, batu andesit biasanya memiliki lebih banyak varian ukuran yang bisa jadi pilihan seperti 20 cm, 330 cm, 40 cm dan lain sebagainya. Harga dari batu andesit sendiri terbilang lebih mahal. Satu persatu batunya diharga dengan 350.000 ribu rupiah.  Sedangkan untuk dua batu bulat dan batu kotak harganya cukup murah, hanya 22 ribu rupiah saja per batu.

Jika anda mau pilihan yang lainnya, maka bisa juga menggunakan jenis batu alam purwakarta. Sayangnya ukuran dari jenis batu ini terbilang sangat terbatas, hanya ada ukuran 20 cm saja. Semua jenis batu pijakan tersebut dapat anda beli di pasaran. Namun apabila anda merasa terlalu mahal, maka bisa juga membuatnya sendiri.

Cara Membuat Batu Pijakan untuk Taman

Cara Membuat Batu Pijakan untuk Taman

Pada umumnya, bentuk dari batu pijakan taman hanya terdiri dari beberapa bentu saja yaitu bulat dan persegi atau persegi panjang. Jadi apabila anda ingin membuatnya, anda hanya perlu mempersiapkan satu cetakan saja, bulat atau persegi. Setelah cetakan yang diinginkan siap, anda tinggal menaruh adukan semen dengan ketebalan sekitar 5 hingga 7 cm. Selanjutnya, anda dapat mempercantik bagian permukaanya dengan menggunakan ornament batu-batu alam dan kerikil.

Pada tahap ini, anda akan memerlukan sedikit kreativitas supaya baru pijakan taman anda tampak menarik dan indah. Namun jika anda bingung mau dihias seperti apa, anda dapat menaburkan batu koral kecil secara merata ke selvruh permukaan batu pijakan.

Jangan lupa, sebelum batu pijakan tersebut kering, and aharus membersihkan batu koral supaya terlihat lebih indah dan tidak tercampur lagi dengan semen. Cara membersihkannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan sikat.

Satu hal lagi yang tidak bolah anda lupakan, pastikan anda membuat pembatas pada bagian pinggir batu pijakan selebar 5 cm supaya batu koral tidak mudah lepas. Lebih mudahnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, siapkanlah bahan yang diperlukan, diantaranya: semen, pasir, air, sendok semen, ember dan wadah untuk pengaduk.
  • Selanjutnya campurkanlah semen, pasir dan air dengan perbandingan secukupnya saja lalu diaduk hingga rata
  • Untuk cetakannya anda dapat mengambil daun yang lebar seperti daun talas, lalu tuangkan adukan diatasnya hingga rata
  • Jika sudah jemurlah hasil cetakan tadi hingga kering baru lepaskan daun
  • Gali tanah secukupnya saja di lokasi yang ingin anda pasang batu pijakan
  • Jika sudah, maka anda pun telah mempunyai taman unik dengan stepping stone yang sederhana namun keren.

Semoga informasi tentang cara membuat batu pijakan untuk taman di atas bermanfaat untuk Anda semua..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *