Cara Membuat Beton Cepat Kering

Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang mudah dijumpai di Indonesia. Dimensi ukuran beton lebih besar dibandingkan dengan batu bata. Alhasil anda membutuhkan lebih sedikit membeli beton ketimbang batu bata. Pembuatan beton sendiri juga lebih mudah dan daya tekannya juga kuat. Kelebihan beton lainnya ialah tahan akan suhu panas dan biasa pula dijadikan bahan pembangunan konstruksi berat seperti jembatan hingga gedung bertingkat.  Bagi anda yang hendak membuat beton sendiri untuk kebutuhan rumah atau bangunan lainnya bisa menyimak tips berikut agar beton yang dihasilkan cepat mengering :

Gunakan Bahan Pengeras Beton

Terdapat beberapa produk tambahan yang bisa membuat beton yang dibuat segera mengeras. Beberapa bahan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Sumber : https://3.bp.blogspot.com/

  1. Calbond

Calbond ialah bahan perekat beton yang berbahan dasar plastik. Calbond ini produk andalan para kontraktor karena biasa dipakai dalam perbaikan beton konstruksi. Tak hanya itu saja tembok retak juga bisa diperbaiki dengan menggunakan batu bata dan calbond. Untuk memakai calbond anda bisa mengoleskan bahan ini ke permukaan beton terlebih dahulu. Tunggulah hingga 15 menit baru dilanjutkan dengan proses pengecoran. Anda juga bisa menggunakannya setelah proses pengecoran terhenti. Asal anda mencampurkan calbond dengan semen dan air hingga kental seperti cat kemudian siram di permukaan cor.

  1. Calflash

Selain calbond anda juga bisa menggunakan calflash. Calflash bisa digunakan untuk konstruksi bawah air seperti pondasi mesin, bendungan atau tempat penampungan air. Fungsi utamanya ialah menambal lubang bocoran pada beton khususnya yang berada dibawah air. Calflash bisa anda campurkan dengan semen dan aduk tanpa menggunakan air. Bahan ini bisa mengering bahkan dalam waktu 15 detik saja.

  1. Bestmittel

Ada pula produk bestmittel yang bisa anda gunakan untuk mempercepat proses pengerasan pada beton yang berbahan Lignin Sulfonic Acid. Bahan satu ini memiliki fungsi ganda yakni sebagai water reducing yang mampu mengurangi jumlah air sekaligus. Dengan berkurangnya masa air pada beton akan mampu meningkatkan pengikatan beton lebih cepat. Bahan ini bisa dipakai pada beton yang memasuki umur 7 -10 hari. Bahan ini juga ampuh meningkatkan mutu beton 5 – 10 %.

Plasticizer Dibutuhkan

Jika bahan diatas mampu mengurangi keretakan maka plasticizer bisa mempercepat proses pengeringan karena mampu mengurangi kadar air dalam beton. Takaran yang dipakai untuk bahan ini ialah 130-265 ml plasticizer per 100 kg semen. Ada banyak sekali produk plasticizer yang bisa anda temukan di tanah air.

Perhatikan Adukan Beton

Selain fokus pada keretakan beton jangan lupa untuk memperhatikan adukan beton itu sendiri.  beton yang baik harus memiliki kohesi yang tinggi pula apalagi dalam kondisi plastis. Sesuaikan bahan yang anda gunakan sehingga beton yang dihasilkan cepat kering dan tahan air serta memiliki warna.  Cara pengadukan bahan beton dimulai saat mesin aduk diputar anda memasukkan air kemudian dilanjutkan dengan agregat. Agregat sendiri merupakan bahan pasir dan kerikil lalu masukan semen diatas agregat. Setelahnya masukan air sedikit dan sebaiknya waktu pengadukan tidak kurang drai 3 menit.

Apabila anda melakukan 3 tahap diatas maka besar kemungkinan beton yang anda hasilkan lebih berkualitas dan cepat kering. Beton yang baik ialah memiliki kerapatan yang tinggi sehingga tidak retak dan hancur. Ayo perbaiki langkah pembuatan beton anda sesuai dengan trik diatas. Semoga artikel diatas membantu masalah anda terkait cara cepat agar beton yang anda buat cepat mengering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *