Cara Membuat Paper Crete

cara membuat paper crete

Saat ini penggunaan material dengan konsep recycle dan ramah lingkungan semakin diminati. Untuk pembuatan bangunan seperti gedung dan rumah, telah ditemukan teknik pembuatan beton yang terbuat dari bubur kertas. Teknik ini lebih populer dengan sebutan paper crete yang akan kita bahas secara lengkap sebagai berikut ini.

Apa Itu Paper Crete?

cara membuat paper crete

Sumber: scapepowerful.weebly.com

Paper Crete atau beton kertas adalah sebuah material bangunan yang terbuat dari kertas didaur ulang, pasir dan Portland semen. Disebut sebagai beton kertas karena dalam proses penamaan standart internasional menyebutkan jika mortar juga sebaga crete meski menggunakan bahan mortar. Pada umumnya kertas yang digunakan untuk membuat paper crete adalah kertas Koran. Kertas Koran tersebut, selanjutnya diolah jadi bubur kertas dengan tujuan untuk memudahkan dalam pengadukan campuran. Beton kertas atau paper crete ini bisa jadi salah satu alternatif  beton ringan yang ramah lingkungan.

Keuntungan Menggunakan Paper Crete

cara membuat paper crete

 

 

 

 

Sumber: halcyontimes.wordpress.com

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan paper crete:

  1. Mudah Merekat

Paper crete tidak lagi membutuhkan adukan semen dan pasir. Hal ini karena, sudah ada semen khusus yang bisa merekatkan paper crete meskipun tanpa campuran pasir.

  1. Mudah Dibentuk

Paper crete mudah sekali untuk dibentuk. Selain itu, proses pemotongannya juga dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat demi memenuhi keperluan pembangunan rumah. Jadi anda tidak perlu menggunakan alat potong khusus. Anda hanya perlu menggunakan gergaji untuk memotong paper crete.

  1. Lebih Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan bahan lain seperti kayu, paper crete tentunya lebih tahan pada perubahan cuaca. Dengan begitu, paper crete tidak mudah menggalami perubahan bentuk atau melengkung.

  1. Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari penggunaan paper crete adalah beton kertas ini bisa dibentuk dan dibuat sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Bahkan untuk anda yang memiliki jiwa seni, paper crete juga dapat digunakan sebagai media untuk membuat berbagai barang kerajinan dan benda lain yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

  1. Harganya Lebih Murah

Keuntungan penggunaan paper crete yang selanjutnya adalah harganya lebih murah. Dengan begitu, anda bisa lebih menghemat anggaran dana yang harus disediakan. Selain itu, paper crete ini tak hanya bisa digunakan untuk bahan bangunan saja. Jadi anda bisa memanfaatkannya untuk membuat perabot furniture.

Cara Membuat Paper Crete

cara membuat paper crete

 

Sumber: happho.com

Cara membuat paper crete ini termasuk mudah dilakukan. Bahkan orang awampun juga bisa membuatnya. Hal ini karena, prosesnya sama sekali tidak menggunakan mesin dengan teknologi yang tinggi. Dengan begitu, paper crete ini tidak begitu jauh berbeda dengan pembuatan batu bata atau batako yang dapat dikerjakan oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan Bahan Utama

    Dalam membuat paper crete, hal pertama yang perlu disiapkan adalah bahan utamanya. Bahan utama tersebut adalah kertas yang dihaluskan sampai lembut dan bentuknya menjadi seperti bubur. Cara untuk menghaluskan kertas ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu merendam kertas tersebut dalam air.

    Selanjutnya lembutkanlah dengan menggunakan mixer yang biasa digunakan untuk membuat adonan kue. Apabila anda ingin membuat paper crete dalam skala yang lebih besar, maka alat mixer bisa diganti dengan mesin penghancur kertas. Anda bisa mendapatkan mesin penghancur kertas tersebut di toko-toko peralatan kantor.

  2. Jika Sudah Halus, Keringkan Bubur Kertas Tersebut

    Caranya adalah dengan menjemurnya atau dikompres. Proses pengeringan ini hanya untuk kertas yang tidak langsung dibuat jadi paper crete. Dengan begitu, bila disimpan tidak akan menimbulkan masalah seperti bau yang tidak sedap atau munculnya jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

    Berbeda jika anda ingin menggunakannya langsung, maka bubur kertas tersebut selanjutnya dicampur dengan pasir dan semen dengan perbandingan 1:1:1. Jika sudah berilah air secukupnya. Lalu masukanlah adonan tersebut dalam cetakan yang sudah disiapkan sebelumnya. Apabila anda ingin menggunakannya untuk membuat barang kerajinan, maka tambahkanlah bubuk kayu hasil penggergajian pada adonan. Tujuannya, untuk menghasilkan tekstur yang menarik.

    Cetakan tersebut bisa saja berbentuk seperti cetakan batu bata biasa. Tapi jika  ingin berkreasi, anda bisa membuat cetakan dengan berbagai bentuk yang menarik. Apalagi jika paper crete ini nantinya akan digunakan untuk membuat perabot furniture atau barang kerajinan. Maka cetakannya juga harus memiliki ukuran dan bentuk ukuran lain yang lebih spesifik lagi.

  3. Proses Pengeringan

    Jika semuanya sudah selesai, maka anda hanya tinggal menunggu proses pengeringan dan pengerasannya saja. Lalu beton paper crete ini sudah bisa langsung digunakan seperti batu beton atau bata yang biasanya.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *