Cara Membuat Tangga Melayang

cara membuat tangga melayang

Floating stairs  atau biasa dikenal dengan tangga melayang memang terlihat berbeda dengan tangga pada umumnya. Desain tangga yang satu ini bisa terlihat indah namun juga membuat beberapa orang khawatir saat memijaknya. Secara estetika, tangga melayang mampu memberikan kesan unik, cantik dan simpel untuk rumah. Karena itulah tidak sedikit pemilik rumah bergaya minimalis mengincar desain tangga melayang.

Mengenal Desain dan Material Tangga Melayang

Konstruksi tangga melayang ini memiliki ciri khas yaitu visual tangga yang tidak memiliki tiang penguat. Padahal sebenarnya, anak tangga yang terlihat melayang ini terkait dengan induk tangga di dalam dinding dengan konstruksi kantilever (keseimbangan). Rangka anak tangga untuk floating stairs ini bisa menggunakan beton bertulang ataupun baja yang ditanam pada dinding structural. Tangga melayang identik ditempatkan pada sisi dinding.

Mengingat tangga jenis ini terlihat tidak memiliki tiang penguat, maka kekuatan konstruksi kantilevernya harus benar-benar diperhatikan. Jadi, meski posisi anak tangga terlihat menggantung, namun perhitungan yang tepat akan membuat tangga ini tidak kalah kokoh dengan tangga pada umumnya.

Jika rangka pada anak tangga melayang bisa menggunakan beton bertulang dan baja, maka material pijakan anak tangga memiliki alternatif yang lebih banyak. Anda bisa menggunakan kayu, kaca atau bilah baja tipis untuk menguatkan kesan melayang. Selain itu Anda juga bisa menggunakan beton kantilever yang di-finishiing dengan resin, cat, marmer, ubin, papan kayu artifisial atau material pelapis lain. Sesuaikan saja material pijakan sesuai keinginan Anda.

Cara Membuat Tangga Melayang

cara membuat tangga melayang

Tangga atau undakan pada floating stairs ini dibuat dari plat baja yang disambung dengan cara dilas. Agar bisa menahan beban orang yang melewatinya, maka plat baja yang dipakai harus tebal. Ketebalan yang ideal minimal 5-6 milimeter.

Kemudian di bagian salah satu sisi samping juga ada plat yang dilas. Plat ini nantinya akan menempel ke dinding. Di bagian dalam dinding akan lebih baik jika dibuat balok beton bertulang miring sesuai dengan bentuk tangga dari bawah ke atas. Balok beton bertulang ini akan menyambung dengan balok beton di lantai dua.

Lalu, plat baja samping tadi akan disambung ke balok beton bertulang dengan baut beton atau baut tanam. Bagian sisi samping tangga yang menempel pada dinding akan dilapis lagi dengan kawat wiremesh kemudian dilapis acian semen dan dilanjutkan dengan pengecatan. Hal ini dilakukan agar balok beton samping dan plat baja samping yang menempel tadi tidak terlihat dan tangga terlihat melayang.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Melayang

cara membuat tangga melayang

Selain secara estetika memang terlihat indah, sebenarnya tangga melayang juga memiliki kelebihan lain lho. Sebut saja seperti menghalau suasana ruang yang membosankan, menghemat tempat, hingga membuat ruangan lebih terang dan luas. Bahkan Anda juga bisa menggunakan ruang kosong di bawah tangga untuk hal lain lho. Tidak cukup sampai disitu, ternyata secara psikologis tangga melayang bisa memberikan kenyamanan bagi orang yang menganggap naik tangga itu berat.

Di antara begitu banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh tangga melayang, nyatanya ia juga memiliki kekurangan lho. Kekurangan yang paling utama adalah masalah safety. Pemasangan yang tidak tepat bisa membahayakan Anda dan keluarga. Untuk itu, Anda wajib berkonsultasi dengan arsitek rumah sebelum memutuskan untuk membuat tangga melayang. Selain artsitek, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi pada structure engineer.

Structure engineer akan membantu menghitung beban secara akurat. Bahkan mereka juga bisa membantu menganalisa tebal plat, jenis sambungan hingga berapa banyak titik anchor  yang ideal untuk tangga melayang di rumah Anda.

Jika ada anak kecil di rumah, maka sebaiknya Anda menambahkan besi railing yang tipis dengan tinggi 80-90cm. Anda juga bisa menambahka kisi-kisi vertikal dari besi yang menempel ke dak di atasnya. Jadi bagian sisi samping tangga yang terbuka ada dinding transparan yang berfungsi sebagai pengaman dan penambah estetika.

Semoga informasi tentang cara membuat tangga melayang di atas bermanfaat untuk Anda semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *