Cara Mengatasi Atap Rembes

Cara Mengatasi Atap Rembes

Cara Mengatasi Atap Rembes – Musim penghujan telah tiba anda patut berhati-hati karena pengaruh cuaca bisa menyebabkan kerusakan pada atap rumah. Rumah yang notabenenya sebagai tempat berlindung jika tak terawatt maka akan membuat bangunan tak sekokoh kelihatannya. Misalnya saja bagian genteng yang jarang dirawat mengakibatkan kebocoran saat musim penghujan datang. Tak hanya itu atap yang bocor juga akan membuat air mudah sekali merembes masuk kedalam rumah itu sendiri. Atap bisa rembes dikarenakan dak beton yang retak sehingga menyebabkan kebocoran.  Bagi anda yang masih pemula dalam mengatasi atap rembes bisamencoba mengikuti beberapa tips berikut ini :

Ketahui Dahulu Penyebab Atap Rembes

Cara Mengatasi Atap Rembes

Sumber: www.desain-minimalis.com

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki atap yang rembes ialah mengecek penyebab rembesan itu tadi. Coba periksa ke bagian atap rumah untuk menemukan pusat kebocorannya.  Apabila atap merembes karena dak beton yang retak mungkin penyebabnya ialah sebagai berikut :

  • Ketika beton dicor dan belum kering benar anda sudah menempanya dengan beban atau pelat beton melebihi kapasitasnya
  • Adanya suhu panas dingin yang cukup ekstrim sehingga mempengaruhi pelat beton itu sendiri dan mengakibatkan retak susut
  • Tidak dilakukannya curing compound atau perawatan memakai genangan air selama 7 hari.
  • Adanya pergerakan struk bangunan yang mengakibatkan pelat beton tidak stabil
  • Ketebalan cor beton kurang memenuhi standar yang ada atau adukannya kurang sempurna
  • Dak beton tidak sempurna saat pembuatan atau adanya retakan yang terlihat pada dak beton itu

Cara Mengatasi Atap Rembes

Cara Mengatasi Atap Rembes

Sumber: www.bangun-rumah.com

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi atap rembes yang bisa anda lakukan:

Gunakan Lapisan Tahan Panas

Untuk membuat dak beton pada bagian atap rumah anda tahan akan panas maka buatlah lapisan khusus. Lapisan khusus ini memakai bahan seperti akrilik, aditif dan pasir silica. Pakailah rol kuas kemudian labor cairan ke permukaan dak yang retak. Dijamin permukaan dak yang bocor teratasi dan tahan akan suhu panas.

Aplikasikan Waterproofing

Waterproofing sering dijadikan solusi atap rumah yang mengalami kebocoran. Mula-mula bobok dulu sedalam 2 cm dan jika retakannya cukup besar anda tinggal padatkan dengan semen  kemudian ratakan. Setelah itu gunakan kuas yang telah diberi waterproofing serat fiber pada bekas retakan besar. Hal ini bertujuan untuk menutup lubang-lubang yang lebih kecil. Aplikasikan waterproofingsecara merata ke seluruh permukaan dak beton.

Lapisi Dengan Cat Tembok

Walau anda menggunakan lapisan tahan panas dan waterproofing namun permukaan dak masih perlu memakai  cat tembok. Waterproofing memiliki sifat yang sangat elastic, sedikit lengket saat kering sehingga cat tembok cocok untuk mengurangi kelengketannya.  Lakukan pelapisan ini saat cuaca benar-benar cerah sehingga kering dengan cepat.

Manfaatkan Lembaran Bitumen Untuk Area Tergenang

Ada beberapa bagian dak beton yang juga cenderung tergenang saat musim hujan. Pada area ini manfaatkan lembaran bitumen  yang memang cocok untuk area yang tergenang. Pelapis bitumen tidak cocok untuk area yang langsung terkena sinar matahari.  Kemudian gunakan bubuk semen dan pelarut yang juga tahan akan genangan namun tak cukup kuat menghadapi sinar ultra violet. Campurkan secara merata kemudian lapiskan pada permukaan yang retak.

Ingat saat mengerjakan waterproof bersihkan dahulu permukaan dari kotoran dan lakukan pelapisan sebanyak dua kali. Jarak anatara lapisan satu dengan yang kedua paling tidak 4 jam agar benar-benar kering. Area yang hendak dilakukan waterproof juga harus dalam keadaan kering bukan dalam keadaan yang basah.mengenali titik kebocoran akan menghemat waktu anda dalam mengatasi atap rembes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *