Cara Menghitung Biaya Cor Dak

Dak merupakan konstruksi yang terbuat dari beton cor yang letaknya tidak langsung ada di atas tanah. Dak ini dapat digunakan sebagai konstruksi lantai di bangunan yang bertingkat, bisa juga digunakan sebagai aksen kantilever yang banyak sekali digunakan pada rumah-rumah minimalis saat ini. Nah, jika anda berencana untuk membuat sebuah rumah atau bangunan tentunya anda harus mengetahui cara menghitung biaya cor dak bukan?

Jenis- jenis Dak Beton

Tapi sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menghitung biaya cor, ada baiknya anda mengetahui berbagai jenis dak beton terlebih dahulu.

  1. Dak Beton Konvensional

Jenis dak ini terbuat dari beton yang menjadi sebuah standar dalam pembangunan rumah merupakan dak yang biasanya dibuat dengan cara konvensional. Dak dibuat dari beton bertulang yaitu dari campuran pasir, kerikil, semen dan tulangan dari besi beton yang dirangkai.

Sebelum proses mengecor campuran beton maka harus melakukan formwork terlebih dahulu yang ingin dibuat. Selanjutnya ikuti pembesian yaitu perangkaian besi rangka plat baru anda bisa membuuat campuran beton dan menuangkannya diatas formwork atau bekisting yang telah dilengkapi dengan rangka. Jika pengecoran sudah selesai, maka bekisting bisa dilepaskan setelah sekitar 4 sampai 21 hari, tergantung dari ukuran dak.

Dak jenis konvensional ini merupakan jenis dak yang masih menjadi pilihan banyak orang dalam membangun rumah. Alasannya karena dak beton konvensional mudah sekali beradaptasi dengan berbagai bentuk denah rumah dan materialnya juga mudah sekali untuk didapat. Kekurangannya adalah waktu pemasangannya yang bisa dibilang relatif lama. Selain itu, dari segi material juga memerlukan jumlah yang besar, jadi memerlukan biaya yang tinggi dan menghasilkan limbah kayu.

  1. Dak beton dengan Floor deek

Jenis dak ini lebih dikenal dengan Bondek yaitu pengganti papan kayu atau triplek yang digunakan sebagai bekisting, Bondek sendiri biasanya terbuat dari besi dengan ketebalan 0,6 sampai dengan 1,1 mm dan lebar 80 sampai 100 cm an. Keuntungan dari penggunaan dak jenis ini adalah lebih hemat material. Kekurangannya adalah harganya yang masih relatif sangat mahal.

  1. Panel Lantai Beton

Panel lantai merupakan bahan alternatif ngedak yang belum lama ini muncul di pasaran.  Bahan bakunya berasal dari beton ringan aerasi yang umumnya digunakan untuk bata ringan. Kelebihan dari jenis dak ini adalah menghilangkan kebutuhan akan bekisting dan mengurangi jumlah penggunaan semen dan besi. Kekurangannya adalah masa pemesanan atau fabrikasi di pabrik yang terbilang sangat lama, bisa sampai 1 bulan bila stok tidak tersedia dipabrik.

ara Menghitung Biaya Cor Dak yang Paling Mudah

Jika anda akan melakukan pemesanan bahan, maka menghitung biaya cor dak per meter kubiknya sangatlah penting. Salah satu cara termudahnya, kita ambil contoh untuk kebutuhan bahan cor misalnya panjang 10 m, lebar 16 m. Bila anda juga menggunakan triplek maka ketebalan yang harus digunakan adalah 0,2 m, maka: volume plat lantai 10 m x 16 m x 0,2 m = 19,2 m3 .

Untuk angka keamanan atau safety factornya kita buat saja 2,5% x 9,2 m3 = 0,48 m3( hal ini dimaksudkan hanya sebagai sebuah cadangan saja saat terjadi kekurangan karena adanya kejadian yang tidak terduga seperti tumpah, kebocoran, bekisting, salah hitung dan lain sebagainya). Jadi jumlah volume beton yang diperlukan adalah 19, 68 m3 , kita bulatkan saja menjadi 20 m3.

Apabila 1 truk mixer mampu mengangkut sekitar 7 m3, maka jumlah yang harus anda pesan adalah 20 m3: 7 m3= 3 truk. Dengan rincian untuk 2 truknya yang berisi 7 kubik dan 1 truk yang berisi 6 kubik. Dari sini, maka paling tidak anda memerlukan 3 truck mixer dengan kapasitas 7 m3. Nah apabila harga setiap kubiknya  adalah sekitar Rp. 790.000, maka 790.000 x 20 kubik = Rp.15.800.000. Harga termasuk tentunya belum termasuk biaya tukang dan peralatan/bahan lainnya. Selain itu biaya cor dak juga tergantung dari jenis beton atau bahan yang anda gunakan.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *