Cara Meratakan Lantai Beton Menggunakan Floor Screed

Dalam konstruksi, ada banyak istilah yang harus Anda ketahui di mana salah satunya adalah screed. Screed adalah suatu lapisan yang diletakkan di permukaan plester atau beton. Lapisan inilah yang akan digunakan sebagai pedoman ketebalan yang ingin dibuat. Selain itu, screed juga digunakan sebagai lapisan finishing pada lantai internal. Ketebalannya mencapai 50 mm hingga 100 mm.

Pada dasarnya screed ini merupakan elemen penting dalam proses konstruksi. Screed sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu Screed Anhidrit, Screed Epoxy, Screed Beton (Screed Pasir dan Semen), Screed Polimer dan Screed Campuran. Nah, kali ini kita akan lebih fokus pada pembahasan mengenai Screed Beton.

Screed Beton Untuk Meratakan Lantai Beton

Screed jenis ini bisa dibilang sebagai screed yang paling umum dipakai diproses konstruksi. Bahkan, screed beton ini menjadi screed paling ideal untuk dipakai lho. Kenapa?

Pertama, screed beton ini sangat unggul di segmen kualitasnya. Kedua, screed ini membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk bisa kering sempurna dan bisa digunakan. Ketiga, perawatan yang dilakukan tidak terlalu rumit karena Anda hanya perlu memastikannya tidak retak.

Untuk meratakan lantai beton menggunakan floor screed, biasanya orang lebih memilih menggunakan floor hardener yaitu layanan yang menawarkan jasa pengerjaan pembuatan lantai beton dengan material khusus. penggunaan jasa floor hardener ini tidak lain karena hasil akhirnya yang kuat dan ketahannya tinggi. Floor hardener biasanya juga menggunakan tenaga ahli serta mesin trowel sehingga pekerjaannya bisa dilakukan dengan optimal.

Cara Meratakan Lantai Beton Menggunakan Floor Screed Instan

Meski saat ini sudah ada floor hardener, tentunya sedikit informasi tentang cara meratakan lantai beton menggunakan floor screed tidak akan membuat Anda rugi kan? Dengan informasi ini, Anda juga menjadi lebih memahami tentang dunia konstruksi perlantaian. Apalagi saat ini Anda bisa dengan mudah membeli floor screed instan untuk lantai Anda. Selain mudah dan praktis digunakan, floor screed instan juga membuat proses konstruksi Anda berjalan lebih lancar.

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam cara meratakan lantai beton menggunakan floor screed:

  1. Bersihkan Permukaan Lantai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan permukaan lantai dari kotoran. Proses pembersihan ini tidak terbatas pada proses “kering” saja, tetapi juga bisa menggunakan air. Jika diperlukan, anda bisa menyiram seluruh lantai dengan air agar kotoran, debu dan partikel lain tidak menempel di permukaan lantai.

  1. Sebaiknya Pengerjaan di Saat Matahari Terik

Pengerjaan floor screed saat matahari terik akan membantu proses pengeringan lebih cepat. Normalnya, screed ini kering dalam waktu 28 hari namun dengan kondisi cuaca terik maka tidak menutup kemungkinan proses pengeringan menjadi lebih cepat.

  1. Area Lantai Harus Sudah Siap Dikerjakan

Sebelum memulai floor screed, pastikan area lantai yang diinginkan sudah siap. Tidak hanya bersih namun juga rata. Lakukan penelitian ulang untuk memastikan lantai sudah mengeras dan siap untuk diratakan.

  1. Aplikasikan Floor Screed Sesuai dengan Aturan di Kemasan

Jika area lantai sudah benar-benar siap untuk diratakan, maka selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan floor screednya. Keberadaan floor screed instan sangat memudahkan Anda untuk melakukan perataan lantai beton lho. Cukup ikuti petunjuk yang ada di kemasan, mulai dari jumlah air yang dicampurkan hingga cara mencampurkan dan mengaplikasikannya ke lantai.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua ya..

Sampai jumpa di artikel lain..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *