Jenis-Jenis Pembatas Jalan (Road Barrier)

Jalan raya menjadi salah satu infrastruktur penting dalam setiap wilayah. Salah satu fungsi utama dari jalan adalah untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lainnya. Jika dulu jalan setapak sudah mampu menghubungkan dua tempat yang berbeda, maka saat ini jalanan yang lebih lebar dan aman menjadi prioritas utama dalam pembangunan.

Setiap kali melewati jalan, ada kalanya anda akan menemukan pembatas jalan atau road barrier. Benda yang satu ini biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti:

  • Mengontrol lalu lintas
  • Menghindari kemacetan
  • Memberi tuntunan arus
  • Menghambat lokasi yang tidak bisa dilewati

Pada dasarnya ada beberapa jenis pembatas jalan (road barrier) yang bisa dipergunakan yaitu sebagai berikut:

Jenis Pembatas Jalan Beton (Road Barrier Beton)

Pembatas jalan beton menjadi salah satu jenis pembatas jalan yang banyak dipergunakan secara umum. Anda bisa menemukan road barrier beton di lahan parkir dan jalanan umum yang menggunakan bahan cor beton. Dibandingkan dengan jenis road barrier lain, pembatas ini merupakan yang paling kuat dan mampu meminimalisir kecelakaan dengan baik. Selain kuat, road barrier beton juga memiliki kelebihan lain seperti awet (tahan lama), aman dan perbaikan bisa dilakukan dengan lebih mudah serta cepat.

Meski memiliki kelebihan yang beragam, namun road barrier beton juga memiliki kekurangan seperti berat dan mahal. Untuk memindahkan pembatas jalan ini tidak mudah dan diperlukan banyak tenaga kerja. Harga road barrier yang satu ini juga lebih mahal karena memang bahannya beton yang memiliki sifat tahan lama.  Anda bisa dengan mudah membeli road barrier jenis ini secara online ataupun offline. Ingat untuk selalu mengecek kualitas beton yang digunakan sebelum memutuskan membeli road barrier beton ya.

Jenis Pembatas Jalan Fiber (Road Barrier Fiber)

Jenis road barrier selanjutnya adalah road barrier fiber. Pembatas jalan yang satu ini dibuat tidak hanya untuk keselamatan semata, namun juga untuk memperindah jalan. Hal ini karena road barrier fiber dibuat dengan model yang futuristic. Berbeda dengan road barrier beton yang monoton dengan warna gelap, maka road barrier fiber ini memiliki warna terang seperti merah. Tidak hanya berwarna terang, road barrier jenis ini juga memiliki lembaran reflector yang berfungsi untuk memudahkan pengendara melihat ada pembatas saat malam hari.

Meskipun tidak terlihat sekokoh road barrier beton, namun pembatas jalan yang satu ini sangat tahan terhadap pergantian cuaca, tidak mudah pudar dan rapuh. Hal lain yang membuat pembatas jalan ini berbeda adalah keunikannya di mana bagian dalam road barrier fiber ini bisa diisi air lho.

Jenis Pembatas Jalan Plastik (Road Barrier Plastik)

Road barrier yang satu ini memiliki warna terang yaitu merah dan biasanya dijadikan rambu marka jalan. Bahan utama dari pembatas jalan ini adalah plastik. Penggunaaan pembatas jalan plastik sangat umum di Indonesia karena dianggap sangat efisien dalam hal fungsi dan kenyamanan. Meskipun terbuat dari plastik, tentunya road barrier ini tetap sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. Selain aman, ringan dan praktis, nyatanya road barrier ini juga bisa disesuaikan dalam hal stabilitasnya. Bahan utama berupa plastik yang membuat pembatas jalan ini cukup ringan, bisa diakali dengan mengisi air ataupun semen sebagai stabilitas tambahan. Biasanya road barrier plastik ini dijual dalam ukuran 100x80x48 cm dengan kapasitas sekitar 500 liter.

Nah, jenis pembatas jalan mana yang anda favoritkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *