Membuat Kolam Ikan di dalam Rumah, Mempercantik Interior

membuat kolam ikan di dalam rumah

Kolam ikan pada umumnya dibuat di luar ruangan untuk mempercantik halaman rumah. Namun tahukah anda, selain di luar ruangan sebenarnya kolam ikan juga bisa diletakkan di dalam rumah. Tujuan dari membuat kolam ikan di dalam rumah biasanya adalah untuk mempercantik interior rumah.

Kolam Ikan untuk Mempercantik Interior Rumah

membuat kolam ikan di dalam rumah

Salah satu desain interior yang bisa mempercantik rumah Anda adalah sebuah kolam ikan yang mungil. Kolam ini bisa membuat rumah terasa lebih sejuk dan segar. Selain itu, kolam ikan hias di dalam rumah akan semakin mempercantik interior rumah karena memberikan suuasana yang lebih hidup dan natural. Ide untuk menambahkan sebuah kolam mini dalam rumah ini sendiri sangat cocok jika dikombinasikan dengan rangkaian batu alam. Namun pada dasarnya bentuk dari kolam ikan di dalam rumah tergantung dari selera anda masing-masing.

Langkah Membuat Kolam Ikan di dalam Rumah

membuat kolam ikan di dalam rumah

Nah jika anda ingin membuat kolam ikan di dalam rumah, terdapat beberapa langkah yang harus anda lakukan seperti dibawah ini:

  1. Tentukan Lokasi atau Area Pembuatan Kolam Ikan

Untuk beberapa jenis rumah yang memiliki ukuran mungil, maka anda bisa memanfaatkan ruangan vertikal sebagai dekorasi. Dengan membuat kolam ikan yang melekat pada dinging rumah, maka anda bisa membuat ruangan tersebut terkesan seperti ada di dalam air. Namun pastikan anda juga memperhatikan arah datangnya cahaya, khusunya untuk Anda yang ingin menambahkan tanaman hidup pada kolam. Pencahayaan sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup si tanaman.

  1. Pilih Tipe dan Ukuran Kolam yang Sesuai dengan Ruangan

Anda dapat melihat-lihat toko taman atau toko ikan yang dekat dengan rumah anda untuk memilih wadah kolam sesuai dengan selera dan keinginan anda. Untuk wadah sendiri terbilang bervariasi ada yang terbuat dari plastik, kaca, bahkan ada juga kolam permanen yang dibentuk dari bahan semen dan pasir.

  1. Buat Kerangka dan Tutup dengan Kayu Plywood di Tiap Sisi

Supaya lebih indah dan memberi kesan yang klasik, anda juga bisa menutup bagian pinggiran kolam dengan kayu plywood yang kokoh.

  1. Memberi Hiasan di Sekitar Kolam

Untuk hiasan ini anda dapat membuatnya sendiri atau meminta bantuan dari tukang kolam hias yang memang sudah berpengalaman dalam membuat dekorasi pinggir atau bagian dalam kolam. Pastikan anda mengukur dimensi kolam dengan tepat, mulai dari lebarnya, tinggi sampai dengan panjangnya. Nah jika sudah anda dapat memberikan sisa area sekitar 6 inci saja di sekitar kolam untuk hiasan. Selanjutnya anda bisa mengisinya dengan tanaman ataupun batu-batuan berwarna supaya terlihat lebih indah.

  1. Menambahkan Filter dan Pompa Air di dalam Kolam

Untuk jenis kolam hias yang diisi dengan bebatuan dan tanaman plastik, maka anda dapat menambahkan pasir pada permukaan kolam. Tujuannya supaya kolam ikan anda tampak lebih rapi dan bagus. Selain itu anda juga bisa menambahkan filter dan pompa air supaya kolam ikan anda tetap bersih.

  1. Masukkanlah Air ke dalam Kolam Ikan

Langkah terakhir adalah menambahkan air yang cukup ke dalam kolam beserta dengan ikan hias yang telah anda pilih dan sukai. Sebagai contoh ada beberapa jenis ikan hias yang umumnya menjadi favorit banyak orang seperti ikan koi dan ikan mas. Namun pastikan anda menghindari untuk mengabungkan kedua jenis ikan tersebut ke dalam satu kolam yang sama. Alasannya karena ikan koi dapat tumbuh lebih besar daripada ikan mas, sehingga bisa mendominasi makanan yang anda berikan. Jika anda ingin kolam ikan anda tetap jernih, maka anda bisa menambahkan formula khusus yang biasa banyak dijual di toko ikan.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *