Pengertian Jalan Tol

Jalan tol biasa dikenal di indonesia dengan istilah jalan bebas hambatan yang tujuannya untuk mempersingkat waktu tempuh anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Seperti namanya jalan tol memang dibuat bebas hambatan sehingga kendaraan biasa melaju dalam kecepatan tinggi diatas 40 km/jam. Kendaraan yang bisa melalui jalan tol sendiri terdiri dari mobil, truk hingga bus. Untuk dapat melewati jalan tol biasanya pengemudi akan dikenakan tarif tertentu yang bisa dilakukan saat memasuki gerbang tol. Apabila dahulu anda bisa membayar tiket tol dengan uang cash namun kini menggunakan e-toll card. E-toll card yakni sebuah kartu yang berisi sejumlah dana yang bisa digunakan untuk membayar tarif tol.

Sejarah Jalan Tol

Jalan tol sendiri sudah ada sejak zaman babylonia dimana kala itu rezim Ashurbanipal  pada abad ke 7 sebelum masehi berkuasa. Setelahnya jalan tol mulai dibangun di benua Eropa seperti Inggris hingga zaman kekaisaran romawi pada abad ke 14-15. Abad ke 19 jalan tol biasanya pertama kali di Eropa yang memiliki jalur terpanjang yakni sepanjang 50 km. Pada abad ke-21 tol mulai masuk ke Indonesia dan menugaskan PT.Jasa Marga sebagai pihak kontraktor yang membangun jalan raya yang didanai pemerintah.

Fungsi Jalan Tol

Sumber : https://asset-a.grid.id/

Fungsi tol sendiri juga beragam tak hanya mempersingkat jalur distribusi saja. manfaat tol dapat dirasakan secara makro maupun mikro. Berikut beberapa manfaat dari jalan tol yang bisa anda simak dibawah ini :

  1. Menghemat Waktu dan Bahan Bakar

Jalan tol mampu menghemat waktu anda dalam hal distribusi. Walau jalan tol berbayar namun sebanding dengan manfaat yang anda dapatkan. Selain menghemat waktu jalan tol juga bisa memperkecil biaya bahan bakar yang dikeluarkan. Jalan yang diambil lebih mulus sehingga tidak merusak kendaraan anda.

  1. Membuka Lowongan Kerja

Jalan tol juga memiliki manfaat membuka lowongan kerja untuk manajemennya. Tentunya dibutuhkan petugas keamanan, staf kantor, kebersihan dan lainnya sehingga mampu menyerap tenaga kerja dari warga sekitar tol itu sendiri. Adanya jalan tol juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Mempermudah akses dan menaikkan harga asset yang ada disekitarnya seperti harga rumah yang dekat dari jalan tol itu sendiri.

  1. Pemerataan Pembangunan

Adanya jalan tol merupakan wujud pemerataan jalan tol yang dilakukan pemerintah ke berbagai wilayah Indonesia. hal ini juga menunjukkan adanya keadilan yang didapatkan oleh semua masyarakat di tanah air. Adanya jalan tol bisa jadi wujud kerja keras pemerintah dalam memfasilitasi warga negara agar lebih nyaman tinggal di tanah air.

  1. Mengurangi Macet

Adanya jalan tol juga mampu mengurangi macet yang terjadi pada waktu tertentu.  Jalan tol bisa jadi jalan alternative bagi masyarakat yang ingin menuju destinasi yang dituju lebih cepat dan tanpa hambatan. Adanya jalan tol juga menjadi wujud peningkatan keamanan dunia transportasi.  Jalan tol menjadi solusi dalam hal tingkat mobilitas yang tinggi dan menyeimbangkan laju pertumbuhan penduduk di berbagai propinsi di tanah air.

  1. Mengurangi Kecelakaan

Jalan tol bisa jadi pencegah terjadinya kecelakaan karena berkurangnya hambatan yang ditemui pengendara sewaktu perjalanan. Tak hanya itu saja jalan tol bisa digunakan untuk meningkatkan industry dengan mempercepat waktu distribusi produknya.  Jalan tol membantu meningkatkan destinasi wisata karena akses transportasi yang mudah dan nyaman.

Bagaimana anda sudah pahamkan dengan fungsi dari jalan tol dan pengertiannya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *