Penyebab Atap Genteng Bocor

Saat membangun rumah tak hanya pondasinya saja yang perlu diperhatikan namun juga bagian atap rumah. Atap rumah digunakan sebagai pelindung tempat tinggal anda dari panasnya sinar matahari dan penghalang saat hujan datang. Jika atap rumah ini bocor tentu kenyamanan anda saat berlindung di dalam rumah juga akan terganggu. Ada beberapa factor yang menyebabkan atap genteng anda mengalami kebocoran sebagai berikut :

Sumber : https://www.selera.id/

Kesalahan Pemasangan

Adanya genteng yang bocor mungkin dikarenakan kesalahan pemasangan genteng yang tidak benar. Biasanya lokasi yang rawan terjadi kesalahan pemasangan atap genteng ialah sambungan tepi,bubungan dan area talang. Jika genteng tidak dipasang secara tepat maka aka nada kemungkinan genteng akan melorot dan saat hujan terjadi kebocoran. Kemiringan yang terlalu curam juga bisa membuat kebocoran pada bagian atap rumah anda. Umumnya kemiringan atap dibuat 40% agar pas dan tidak membuat genteng melorot.

Cuaca Ekstrim

Atap mengalami kebocoran bisa jadi karena cuaca yang ekstrim. Bagian atap yang selalu terkena langsung dengan paparan sinar matahari dan tetesan hujan. Akibat cuaca ini membuat bagian dari atap anda menjadi lapuk seperti kayu penyangganya. Selain itu angina kencang juga bisa menggeser atap dan gempa bumi juga bisa membuat genteng retak. Ada baiknya anda mengecek keadaan atap rumah tiap beberapa bulan sekali. Anda bisa mengecat genteng dan menambahkan lapisan waterproofing di dak beton untuk pemeliharaan berkala.

Bubungan Wuwung Rusak

Kebocoran genteng juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bubungan wuwung. Bubungan wuwung adalah merupakan genteng berbentuk U yang dipasang pada puncak atap. Untuk mengatasi hal ini cukup dengan mengganti wuwung dan tambalan semen.

Material Genteng Kurang Berkualitas

Atap genteng rumah anda bocor mungkin karena material genteng itu sendiri yang kurang berkualitas. Akibatnya genteng mudah sekali retak dan pecah oleh karena penting untuk memilih genteng dengan material yang baik.  Gunakan genting keramik ketimbang genteng tanah liat karena lebih kuat dalam menahan air hujan dan desainnya yang interlocking.  Jika genteng anda hanya retak bisa diperbaiki dengan cara menambalnya dengan campuran lem Fox dan semen putih.

Ada Celah Di Bumbungan Atap

Atap genteng bocor bisa saja karena ada celah pada bubungan atap. Pada bubungan umumnya memakai genteng knock yang direkatkan dengan semen pasir. Apabila perbandingan semen dan pasir tidak seimbang maka genteng juga tidak bisa merekat dengan sempurna. Setelah kering adukan semen juga bisa mudah retak karena tak menyatu dengan baik.

Sampah

Sampah juga bisa menjadi penyebab atap rumah anda mengalami kebocoran.  Apabila sampah dedaunan menumpuk dan menghalangi talang air maka aliran air akan tersendat. Sesekali anda perlu membersihkan atap rumah anda dari sampah dedaunan agar tidak menutupi talang air. Terkadang kebocoran atap genteng bisa terjadi karena permasalahan talang air. Talang air haruslah menggunakan bahan yang berkualitas agar tahan lama. Selain itu ukuran talang air juga  harus sesuai seperti semakin besar bidang atap maka ukuran talang juga harus disesuaikan. Jika ukuran talang air terlalu kecil  maka air tidak bisa segera dialirkan.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran penting pula mengaplikasikan pelapis kedap air. Untuk melindungi dari cuaca yang ekstrim maka gunakan bahan anti ultraviolet untuk melindungi dari panas matahari. Pakai jasa tukang yang berpengalaman agar pemasangan genting pas dan tidak melorot. Itulah tadi beberapa penyebab atap genteng bocor yang bisa membantu anda merawat rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *