Pilih Mana? Atap Dak Beton atau Atap Genteng

Mempunyai rumah yang nyaman, pastinya adalah impian semua orang. Nah salah satu faktor penting yang bisa menjadi penentu kenyamanan dari rumah adalah atap yang ada pada rumah tersebut. Pada umumnya terdapat banyak sekali jenis atap yang bisa anda jadikan pilihan. Dua diantaranya seperti atap dak beton dan atap genteng yang akan kita bahas berikut ini .

Atap Dak Beton

Dak beton adalah sebuah konstruksi beton cor yang letaknya tidak langsung ada di atas tanah. Dak beton dapat digunakan sebagai konstruksi lantai di bangunan bertingkat, dapat juga sebagai konstruksi atap datar serta digunakan sebagai aksen kantilever yang banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis.

Kelebihan Atap Dak Beton

Untuk lebih memahami tentang dak beton, maka berikut ini akan dibahas secara singkat beberapa kelebihan dari dak beton:

  • Mempunyai Banyak Fungsi

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh atap yang terbuat dari dak beton adalah mempunyai banyak sekali fungsi. Anda bisa dengan mudah menempatkan banyak hal di atap jenis ini. Contohnya, anda bisa meletakkan pot, jemuran pakaian atau benda-benda yang lainnya.

  • Kuat dan Tidak Mudah Rusak

Atap yang terbuat dari dak beton adalah jenis atap yang sangat kuat jadi tidak mudah rusak. Bahkan meski ditiup angin kencang sekalipun atau tertimpa sesuatu yang berat  atap dak beton ini tetap kokoh. Selain itu, atap jenis ini juga tahan pada berbagai jenis cuaca seperti hujan dan panas. Hebatnya lagi kemungkinan bocor pada atap inipun juga sangatlah kecil, panas matahari juga tidak akan mampu menembus atap dak beton.

  • Mudah Dirawat

Dalam hal perawatan, atap dari dak beton ini juga sangat mudah. Jadi anda bisa berdiri diatasnya dengan aman sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk membersihkan, melakukan perbaikan sampai melakukan pengecatan pada atap dak beton.

Kekurangan Atap Dak Beton

Tentunya selain memiliki kelebihan, dak beton juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan seperti berikut:

  • Harganya Mahal

Salah satu kekurangan yag dimiliki oleh atap dak beton adalah masalah harganya yang mahal, jadi akan memerlukan biaya yang cukup banyak bila anda memilih jenis atap ini. Dibandingkan dengan atap genteng, biaya yang harus anda keluarkan untuk memiliki atap dak beton jauh lebih mahal. Meski begitu, tetap saja hal ini sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh atap dak beton yaitu kokoh dan kuat

  • Pengerjaanya yang Rumit

Dibandingkan dengan jenis atap yang lainnya, pengerjaan atap dak beton ini jauh lebih rumit. Selain itu, para pekerja juga harus teliti supaya atap dak beton bisa menjadi benar-benar sempurna. Hal ini karena, pengerjaan yang kurang sempurna dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada atap dak beton.

  • Menyebabkan Ruangan Menjadi Lembap

Genteng jenis dak beton tidak mempunyai pori-pori, akibatnya ruangan dengan jenis atap ini cenderung akan lebih lembab. Untuk itulah, atap dak beton ini kurang cocok jika digunakan untuk ruangan yang mempunyai ukuran kecil

Atap Genteng

Atap genteng adalah jenis atap yang menggunakan genteng untuk menutupi bagian atas dari rumah. Atap genteng ini banyak sekali digunakan karena mempunyai harga yang sangat terjangkau.

Kelebihan Atap Genteng

Apa saja kelebihan dari penggunaan atap genteng dalam konstruksi atau bangunan?

  • Cocok untuk Semua Jenis Rumah

Pada umumnya jenis atap ini sangat cocok untuk setiap jenis rumah. Jadi anda tidak harus mempunyai rumah dengan pondasi, dinding dan rangka atap yang kuat. Jadi meski menggunakan rangka atap dari kayu, anda tetap dapat menggunakan genteng ini. Hal inilah yang membuat jenis genteng ini bisa menjadi pilihan atap untuk semua pemilik rumah.

  • Harganya Terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya seperti dak beton, genteng mempunyai harga yang lebih murah. Dengan harga yang murah ini, maka anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya besar untuk bisa mempunyai atap jenis ini.

  • Mampu Menahan Panas

Kelebihan lain dari atap jenis ini adalah bisa menahan panas sinar matahari dengan baik. Dengan begitu, pada siang hari anda tidak akan merasa kepanasan.

  • Udara Tetap Dapat Masuk

Genteng mempunyai pori-pori, jadi udara tetap bisa masuk dan ruangan tidak akan menjadi pengap dan lembab.

Kekurangan Atap Genteng

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan atap genteng untuk bangunan, sebaiknya Anda ketahui beberapa kekurangan dari material ini:

  • Mudah Rusak

Apabila dibandingkan dengan atap jenis dak beton, atap genteng jauh lebih mudah rusak. Selain itu atap ini tidak mempunyai ketahanan pada cuaca tertentu, jadi bila ada angin yang sangat kencang, maka atap genteng mempunyai kemungkinan bergeser dan menyebabkan terjadinya kebocoran.

  • Mudah Berubah Warna

Selain kurang kokoh, atap jenis ini juga sangat mudah berubah warna, terutama saat terlalu sering terkena hujan dan panas.

  • Jika Ingin Meninggikan Bangunan Harus Dibongkar

Tidak seperti atap dak beton, bila anda ingin meninggikan bangunan, maka anda harus membongkar atap genteng ini.

Atap Dak Beton atau Atap Genteng, Sebaiknya Pilih Mana?

Dari penjelasan diatas, tentunya anda telah mengetahui perbedaan antara atap genteng dan dak beton. Kesimpulannya dari segi kualitas atap dak beton lebih baik dibandingkan dengan atap genteng. Jadi untuk anda yang memiliki uang yang cukup dan sangat mementingkan kualitas, maka atap dak beton bisa menjadi pilihan terbaik. Sebaliknya apabila anda memiliki modal atau biaya yang minim, maka jenis atap genteng bisa anda jadikan pilihan terbaik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *