Tips Agar Lantai Beton Tidak Gampang Retak

Sama seperti bagian dinding di sebuah bangunan, permasalahan retak pada lantai beton juga sering kali terjadi. Hal ini, tentunya akan membuat lantai rumah anda jadi tidak cantik lagi. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas beberapa tips supaya lantai beton tidak mudah retak.  Tapi sebelumnya, tentu akan lebih  baik jika anda mengetahui beberapa faktor penyebabnya terlebih dahulu.

  • Tekstur dan keadaan tanah yang kurang baik. Jadi, perubahan kepadatan tanah masih sering terjadi. Akibatnya, tektur pada lantai beton rumahpun juga mengalami perubahan dan terjadi keretakan
  • Beban pada lantai. Pada umumnya, beban yang terlalu berat pada lantai beton seringkali menjadi penyebab utama terjadinya keretakan pada lantai beton. Sebagai contoh anda meletakkan barang yang memiliki bobot yang sangat berat seperti kursi yang terbuat dari kayu atau pot bunga dengan ukuran yang sangat besar.

Tips Membuat Lantai Beton Tidak Mudah Retak

Dari faktor yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba supaya lantai beton anda bisa lebih awet, kuat, mempunyai masa ketahanan lebih lama dan tidak mudah retak:

  1. Memilih Bahan Dasar yang Berkualitas untuk Lantai Beton

Dalam pembuatan lantai beton ditentukan dari bahan dasar pembuatannya. Bahan dasar tersebut diantaranya ada pasir, kerikil, dan yang tidak kalah penting adalah semen. Karena dipasaran terdapat banyak sekali merk semen yang menawarkan kualitas, maka pastikan anda tidak salah pilih dalam menggunakan semen yang telah terpercaya.

  1. Memperhatikan Tekstur dan Kondisi Tanah

Untuk anda yang sedang dalam proses membangun, sebaiknya perhatikanlah kondisi lahan bangunannya. Alasannya, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada keadaan lantai beton yang dipasang. Apabila kontur tanah labil atau termasuk mudah bergerak serta tidak padat, secara otomastis lantai beton anda akan mudah retak, bahkan hancur.

  1. Buatlah dengan Proses yang Benar

Anda harus membuat lantai beton dengan proses yang benar, agar hasilnya bagus dan tidak mudah retak. Dimulai dari proses mencampurkan pasir, dan bahan lainnya dengan perbandingan yang pas hingga proses pencampuran harus dilakukan dengan benar. Selain itu, pastikan tempat yang akan anda buat lantai beton dibersihkan lebih dulu. Tujuannya  supaya bebas dari kerikil dan kotoran.

  1. Berikan Lapisan Epoxy ke Lantai Beton

Tentunya anda pernah menjumpai lantai yang kinclong tapi bukan keramik maupun jenis lantai marmer. Lantai seperti itu biasanya dilapisi dengan epoxy. Dengan begitu, lantai akan terlihat lebih kinclong seperti kaca. Pada umumnya, penggunaan ini banyak terdapat di lantai pabrik atau kantoran dengan tujuan memudahkan pergerakan. Nah untuk itulah, anda bisa mencoba jasa epoxy lantai untuk membuat lantai rumah anda terlihat kinclong. Selain itu, epoxy ini juga berfungsi untuk menguatkan pada kontur rumah anda.

  1. Menambal Lantai Beton

Saat anda mengetahui keadaan lantai yang terlihat retak, maka sangat disarankan untuk segera menambal lantai tersebut. Jangan sampai menunggu terlalu lama yang akhirnya bisa membuat retakan semakin melebar. Hal ini dilakukan supaya perbaikan jadi lebih mudah. Namun, apabila memang sudah terlanjur parah, sebaiknya tambahkan penyangga di beberapa titik sudut lantai beton anda. Tujuannya adalah untuk memperkuat pengecoran pada beton.

  1. Jaga Kondisi Lantai dengan Baik

Jika lantai beton anda sudah dibuat, maka anda harus merawatnya dengan baik. hindarilah meletakkan benda yang berat dengan bagian bawah lancip supaya tidak merusak permukaan lantai. Selain itu, jangan pernah membanting sesuatu yang berat di atas lantai beton anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *