Tips Cerdas Membeli Rumah Tanpa KPR

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membeli rumah. Cara yang paling populer jelas melalui pembiayaan KPR. Namun dengan berbagai alasan yang berbeda, kini tidak sedikit orang yang ingin menghindari KPR saat membeli rumah. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk bisa membeli rumah tanpa KPR? Simak ulasannya berikut ini ya..

Menabung

Tips pertama adalah menabung. Mengumpulkan uang sedikit demi sedikit memang menjadi cara klasik. Tapi kegiatan menabung selalu berbuah positif. Anda hanya perlu bersabar dan bekerja ekstra untuk bisa menambah pundi-pundi tabungan.  Menabung juga bisa membuat Anda mampu membeli rumah secara tunai. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah impian hanya dengan sekali bayar dan lunas?

Menjadi Agen atau Sales Properti

Pekerjaan yang satu ini berkaitan langsung dengan jual beli rumah. Anda akan membantu pengembang mendapatkan konsumen yang membeli rumah. Sebagai agen, biasanya Anda akan mendapat komisi sekitar 3% dari harga jual rumah. Bayangkan jika Anda mampu menjual 10 rumah saja dengan harga Rp. 250 juta, maka Anda sudah mendapat total komisi sebesar Rp. 75 juta.

Dengan begini maka proses pengumpulan dana untuk membeli rumah bisa berjalan lebih cepat. Tak hanya itu, biasanya ada juga pengembang yang memberikan imbalan rumah baru untuk agennya jika kinerjanya bagus dan memenuhi target lho.

Sesuaikan Rumah Impian dengan Dana yang Dimiliki

Setiap orang memiliki selera berbeda dalam membeli rumah. Agar bisa merealisasikan pembelian rumah dengan cepat dan akurat, maka akan lebih baik jika Anda menyesuaikan rumah impian dengan dana yang dimiliki. Misalkan gaji Anda 5 juta perbulan, maka lakukan perhitungan berapa persen dari total gaji yang akan dialokasikan untuk membeli rumah. Perhitungan ini akan membuat Anda lebih mudah membeli rumah di kemudian hari.

Membeli Rumah Bekas

Rumah bekas dan baru tentunya memiliki perbedaan harga jual. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan rumah bekas dengan harga lebih terjangkau. Memang  rumah bekas seringkali tidak sesuai dengan impian, namun harga yang lebih murah dengan dasar bangunan yang sudah berdiri bisa membuat Anda lebih mudah merenovasi bagian yang diinginkan. Proses renovasi ini juga bisa dilakukan secara bertahap saat dana sudah ada.

Dinar Emas

Menabung dalam bentuk uang itu sudah biasa. Nah, cara menabung yang tak biasa adalah melalui dinar emas. Anda harus tahu bahwa nilai dinar emas itu stabil. Hal ini bisa dibuktikan dari tidak adanya inflasi yang menyerang dinar emas sejak 14 abad terakhir. Jika abad ke-7 masehi, seseorang bisa membeli seekor kambing dengan satu koin dinar emas, maka ini juga masih berlaku sekarang. Anda tetap bisa membeli kambing hanya dengan 1 dinar emas saat ini. Logikanya, meski ke depan harga rumah atau properti semakin melambung tapi Anda tetap bisa membelinya dengan tabungan dinar emas.

Skema Pembelian Bertahap

Untuk memenuhi permintaan pasar, saat ini Anda bisa menemukan beberapa pengembang yang menyediakan skema pembelian bertahap. Jadi misalkan Anda mengincar hunian dengan harga Rp. 300 juta, maka Anda bisa melakukan perhitungan dengan gaji yang Anda miliki. Seberapa besar cicilan yang bisa Anda bayarkan perbulan dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi ketentuan dari skema ini.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan selamat berburu rumah impian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *