Tips Memilih Rangka Atap Rumah

Tips Memilih Rangka Atap Rumah Atap rumah menjadi bagian rumah yang amat penting selain pondasi. Jika pondasi memperkuat bagian bawah rumah agar mampu menompang berat di atasnya, maka atap berfungsi melindungi penghuni

Atap rumah menjadi bagian rumah yang amat penting selain pondasi. Jika pondasi memperkuat bagian bawah rumah agar mampu menompang berat di atasnya, maka atap berfungsi melindungi penghuni rumah dari panas dan hujan. Dalam pembuatan atap rumah, bagian yang perlu mendapat perhatian lebih adalah bagian rangkanya. Apabila rangka dibangun dengan apik maka pemasangan penutup atap akan mudah. Semakin berat material atap yang digunakan maka semakin besar atau tebal pula rangka atap yang dibutuhkan.

Jenis-Jenis Rangka Atap Rumah

Tips Memilih Rangka Atap Rumah Atap rumah menjadi bagian rumah yang amat penting selain pondasi. Jika pondasi memperkuat bagian bawah rumah agar mampu menompang berat di atasnya, maka atap berfungsi melindungi penghuni

Dahulu atap rumah hanya dibangun menggunakan bahan kayu namun kini atap rumah sangatlah banyak.  Yuk kenali dulu jenis atap rumah berdasarkan material yang digunakannya sebagai berikut :

  • Atap Beton Bertulang

Atap beton bertulang memiliki macam-macam bentuk mulai dari datar, miring bahkan kubah. Dalam mengerjakan atap ini membutuhkan cetakan tulang baja yang nantinya diisi dengan semen, pasir dan batuan split. Kerangka atap beton bertulang ini dikenal rumit dan berat namun untuk ketahanannya tak perlu anda ragukan lagi.

  • Atap Baja Ringan

Apabila atap beton dinilai lebih berat maka anda bisa menggunakan atap baja ringan sebagai pilihan. Rangka atap ini walau ringan namun sangat kuat untuk segala jenis genteng. Selain itu bebas akan rayap dan proses pemasangannya juga sangat cepat. Atap baja ini dibuat menggunakan zink, aluminium dan tentu saja baja yang dicetak dalam bentuk tertentu. Rangkanya tipis namun tidak tersusun dengan rapi sehingga tidak menarik untuk dipandang.

  • Atap Rangka Kayu

Seperti namanya atap ini memakai kayu sebagai rangka atap. Kelemahan rangka atap tentu saja mudah dimakan rayap. Rangka kayu tidak tahan akan jamur maupun api namun rangka kayu mudah sekali dibentuk ketimbang rangka atap jenis lainnya. Rangka atap drai kayu ini bisa dibentuk miring bahkan segitiga.

Tips Memilih Rangka Atap Rumah Yang Tepat

Tips Memilih Rangka Atap Rumah Atap rumah menjadi bagian rumah yang amat penting selain pondasi. Jika pondasi memperkuat bagian bawah rumah agar mampu menompang berat di atasnya, maka atap berfungsi melindungi penghuni

Untuk memilih atap rumah kualitas terbaik anda perlu beberapa langkah berikut ini !

Tips Memilih Rangka Atap Rumah – Pastikan Dahulu Dana Yang Anda Miliki

Tentu saja sebelum menentukan  rangka atap rumah pastikan dahulu dana yang anda butuhkan. Jangan hanya menyediakan dana pokoknya saja karena anda perlu menyediakan dana darurat. Dana darurat ini diperlukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka anda tidak kebingungan mencari sumber pendanaan.

Tips Memilih Rangka Atap Rumah – Tentukan Bahan Materialnya

Kemudian tentukan bahan material yang ingin anda gunakan. Anda bisa memilih satu dari tiga jenis rangka atap diatas. Setiap rangka tentu memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Tidak lupa untuk melapisi  lapisan anti karat untuk material baja ringan. Untuk lapisan anti karatnya terdapat beberapa jenis seperti Galvalume, MAZ, Zinc maupun zincalume.

Tips Memilih Rangka Atap Rumah – Perhatikan Ukuran Rangka

Rangka atap rumah harus memiliki ukuran atau dimensi yang tepat.  Apabila beban yang ditanggung sangatlah berat tentu ukuran rangka atap harus disesuaikan. Berat rangka atap akan berbanding lurus dengan beban yang harus ditanggung oleh rangka tersebut.

Tips Memilih Rangka Atap Rumah – Pilih Toko Bangunan Terpercaya

Tak hanya itu saja anda juga harus selektif dalam membeli bahan bangunan. Pilih yang memiliki reputasi baik. Tak hanya pihak toko bangunan saja yang perlu anda perhatikan namun juga supervisor untuk para tukang yang membantu membangun rangka atap rumah anda. Harus ada supervisor yang siap sedia mengawasi pekerjaan para tukang dan mintalah rekomendasi ahli jika anda kebingungan mencari solusi untuk pemilihan rangka atap yang sesuai dengan desain rumah anda.

Jadi bagaimana menurut anda? Sudah siapkah anda untuk membangun rumah mulai saat ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *