Tips Mendapatkan KPR Properti

Rumah menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan setiap orang.  Rumah digunakan sebagai tempat tinggal dan berlindung dari panas dan hujan. Sayang tak semua orang bisa mendapatkan rumah yang bisa diidamkan mereka. Pasalnya harga rumah tidaklah murah bahkan selalu naik setiap tahunnya. Inilah yang membuat beberapa orang berpikir dua kali untuk membeli rumah secara tunai. Akhirnya, dipilihlah kredit pemilikan rumah atau KPR sebagai salah satu solusi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan rumah hunian.KPR ini terdiri dari dua jenis yakni KPR konvensional dan KPR bersubsidi. KPR bersubsidi merupakan KPR yang harganya miring karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sumber : https://cdns.klimg.com/

Cara Mengajukan KPR

Untuk mengajukan KPR tak sama seperti membeli kendaraan secara kredit. Ada langkah-langkahnya yang bisa anda simak sebagai berikut :

  • Tentukan Rumahnya

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah menentukan rumah idaman anda. Perhitungkan lokasi dan pastikan  rumah tersebut atau tanahnya tidak memiliki sengketa. Kemudian cermati apakah surat-suratnya lengkap atau tidak. Selain factor lokasi anda juga perlu mempertimbangkan kondisi bangunan rumah dan desain dari rumah tersebut. Pastikan bangunan tersebut kokoh dan layak untuk anda huni.

  • Ajukan Ke Bank dan Lengkapi Dokumen

Setelahnya developer akan menginformasikan bank mana yang bekerja sama dengan mereka untuk proses pengajuan KPR. Anda pasti diminta untuk melengkapi beberapa dokumen pribadi seperti KTP dan kartu keluarga,NPWP, slip gaji, buku nikah, surat keterangan bekerja untuk anda yang bekerja sebagai karyawan dan rekening Koran tabungan untuk 3 bulan terakhir. Anda juga diminta untuk salinan sertifikat tanah,IMB dan surat tanda jadi dari developer.

  • Menunggu Proses Appraisal

Saat semua persyaratan telah ter[penuhi maka bank akan mengecek apakah anda layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak. Bank akan mengecek apakah anda termasuk dalam daftar blacklist atau tidak, apakah anda memiliki track record yang baik atau tidak dalam hal kredit serta apakah penghasilan anda memang dinilai cukup untuk mengangsur KPR.

  • Bank Akan Melakukan Penawaran dan Diakhiri Dengan Akad Kredit

Jika anda dinilai layak mendapatkan KPR maka pihak bank akan melakukan penawaran. Anda akan diinformasikan berapa tawaran suku bunga dan syarat ketentuan akan KPR yang diajukan. Coba cek detail rincian biaya KPR dan apabila anda menerima tawaran tersebut maka akan dilanjutkan dengan tanda tangan akad kredit.

Cara KPR Disetujui Bank

Tak semua pengajuan KPR disetujui oleh bank malah banyak pula yang ditolak. Untuk mendapatkan KPR yang anda impikan cobalah untuk mengikuti tips-tips berikut ini :

  • Ingat Persyaratan Dokumen Harus Benar-Benar Anda Lengkapi

Hal paling pertama untuk dilakukan ialah  melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak bank. Seperti anda simak persyaratan dokumen biasanya meliputi dokumen pribadi anda sendiri. Jadi untuk melengkapinya pastilah bisa anda lakukan.

  • Perbaiki Reputasimu Dimata Bank

Selanjutnya perbaiki reputasi anda dimata bank dengan melakukan beberapa hal.  Jika anda memiliki hutang bank maka lunasi terlebih dahulu sebelum mengajukan KPR. Hindari pensiun dini jika anda mengajukan KPR dan rajinlah menabung.  Apabila anda memiliki kartu kredit maka pastikan tagihan anda dibayarkan tepat waktu begitu pula dengan angsuran hutang.

  • Jangan Pilih Developer Abal-Abal

Ada baiknya anda memilih rumah dengan reputasi developer terpercaya.  Pihak bank tak semabarangan memilih developer properti. Pihak developer sendiri biasanya punya partner bank sendiri yang biasa diajak kerja sama. Lebih baik anda menanyakan par

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *