Tips Menghindari Rayap

Tips Menghindari Rayap

Tips Menghindari Rayap – Bagi rumah yang memiliki banyak perabotan kayu atau dibangun dnegan dasar fondasi berbahan kayu maka perlu sangat hati – hati dengan serangga satu ini. warnanya putih kemerahan dan termasuk anggota infraordo Isoptera. Serangga yang dimaksud ini tidak lain adalah rayap yang memang gemar sekali memakan kayu perabotan atau kerangka rumah dari kayu. Rayap suka sekali tinggal di tempat yang gelap dan lembab. Jika dilihat sekilas perabotan yang terserang rayap tidak akan mudah terlihat jelas.

Hal ini dikarenakan rayap tersebut membuat jalur dari dalam kayu dengan menggerogotinya. Tanda – tanda dimana rayap berada biasanya dimuai dnegan munculnya laron atau rayap terbang. Jika peabotan anda tiba – tiba berongga tanpa sebab dan terasa tipis maka ada kemungkinan munculnya rayap di tempat itu. Jendela dan pintu rumah anda juga wajib dicek secara seksama apabila terasa ketat dan sulit untuk dibuka. Ukuran serangga ini 0.4 mm saja namun bergerak secara berkoloni dan bayangkan jika satu koloni terdiri dari 350.000 rayap maka rumah andapun bisa ludes dihabisinya.Untuk menghindari rayap ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah sebagai berikut :

Sumber : https://fumida.co.id

 

Jangan Malas Merapikan Perabotan

Langkah paling pertama yang wjaib anda lakukan untuk menghindari rayap adalah rajin membersihkan rumah. rapikan buku dan kertas karena rayap dan serangga juga sangat suka pada kertas. Jangan hanya buku namun juga wallpaper dinding anda. Anda bia menyemprotkan minyak tanah untuk mengusir rayap bersarang di tempat tersebut. Selain minyak tanah anda juga bisa mengoleskan cairan anti rayap secara teratur.

Perbaiki Pipa dan Jaga Ventilasi

Seperti dikemukakan sebelumnya bahwa rayap snagat menyukai tempat lembab sehingga penting bagi anda memperbaiki pipa saluran air. Pastikan pipa ini tidak bocor dan meneteskan air dan pastikan keran air tidak bocor. Jagalah kebersihan lubang ventilasi dari serpihan cat maupun batu bata.

Beri Jarak dan Rawat Elemen Kayu Anda

Untuk menghindari jamur maka ada baiknya beri jarak antara satu perobatan dengan perobatan lainnya. bersihkan elemen kayu dengan varnish dan undang jasa pest setiap 3 atau 6 bulan sekali untuk memastikan rayap tidak kembali datang ke rumah anda.

Gunakan AC

Jika anda memiliki AC di rumah maka ada baiknya gunakan AC untuk mengatur suhu ruangan menjadi snagat ekstrim sehingga rayap tak betah berlama – lama di tempat anda. Gunakan temperature paling rendah untuk menciptakan suhu dingin. Suhu dingin ini juga bisa menyebabkan rayap mati atau jika anda tidak memiliki AC maka panaskan perabotan anda dibawah sinar matahari.

Pakai Kapur Sirih, Larutan Garam atau Air Sabun

Selain minyak tanah atau cairan sbaun anda juga bisa membasmi rayap dengan beberapa cara. Air sbaun jika disemprotkan ke rayap akan mengganggu sistem pernafasannya dan mereka berangsur – angsur akan mati. Larutan garam ampuh sekali membuat rayap mati lemas sedangkan larutan kapur sirih dikenal ampuh membasmi segala serangga.

Mulai dari Minyak Jeruk Hingga Cacing

Bagi anda yang sensitive untuk masalah bau sehingga kurang suka menggunakan bahan – bahan diatas maka bisa diganti dengan minyak jeruk. Selain ampuh mengusir rayap, minyak jeruk juga memiliki bau yang enak. Dengan mengoleskan minyak jeruk ke furniture akan mencegah timbulnya telur rayap untuk bertahan hidup. Anda juga bisa mengusir rayap dengan memakai cacing nematode yang bisa anda temukan di toko penjual pakan hewan atau halaman rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *