Tips renovasi rumah.

Rumah menjadi tempat paling nyaman sedunia karena disini anda bisa bertingkah semau anda dan bersantai seusai bekerja. Tipe dan harga rumah memang berbeda-beda satu dengan lainnya. Rumah yang besar tentu memerlukan biaya perawatan yang besar pula. Jika rumah tak anda rawat tentu beberapa bagiannya akan mudah sekali rusak. Apabila sudah rusak tentu anda mau tak mau harus mengeluarkan uang untuk biaya renovasi rumah tersebut. Untuk renovasi rumah anda ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini agar renovasi yang anda lakukan efektif dan tak mengeluarkan banyak biaya.

Sumber : https://www.perusahaankontraktor.com/

Buat Skala Prioritas

Tak hanya keuangan saja yang butuh skala prioritas namun juga dalam renovasi rumah. untuk renovasi rumah membutuhkan dana yang tidak bisa dibilang sedikit. Oleh karenanya anda penting untuk memilah bagian mana dahulu yang urgent untuk diperbaiki. Anda bisa memprioritaskan bagian inti rumah misalnya saja bagian atap yang melindungi anda dari hujan atau sinar matahari. Bagian penting di dalam rumah yang menjaga keamanan tempat tinggal juga patut dinomor satukan seperti pintu masuk maupun jendela.

Pilih Bahan Material Berkualitas Bukan Yang Mahal

Tak selamanya produk mahal itu bagus begitupun sebaliknya. Pilih bahan material berdasarkan fungsi dan kualitas dari bahan itu sendiri. Tidak masalah juga bila anda menggunakan bahan bekas yang penting bahan tersebut masih layak guna. Bahan bekas juga bisa dipercantik dengan diberi vernis maupun dicat.Bahan yang rusak tadi juga bisa anda manfaatkan untuk kepentingan lainnya misalnya pintu kayu yang rusak bisa anda ubah menjadi rak dinding.

Ingat Lakukan Perhitungan Sebelum Renovasi

Selanjutnya lakukanlah perhitungan sebelum melakukan renovasi. Perhitungkan segala hal bahkan untuk hal yang terkecil sekalipun seperti biaya makan para tukang. Catatlah secara mendetail agar anda tidak lupa. Selain itu anda juga perlu selektif dalam memilih jasa kontraktor atau tukang. Pilihlah kontraktor atau tukang yang memang memiliki reputasi yang baik dan dapat dipercaya.

Gunakan Barang Yang Berguna

Bagi anda yang ingin mempercantik ruangan ada baiknya menghiasi dinding atau sudut ruangan dengan aksesoris yang multifungsi atau berguna. Misalnya saja anda bisa memanfaatkan lemari atau rak kayu sebagai pembatas antara ruangan satu dengan lainnya. selain bisa anda gunakan sebagai pembatas ruangan rak ini juga memiliki fungsi utama untuk meletakkan berbagai aksesoris seperti foto, patung, hingga buku bacaan anda.

Sediakan Dana Tambahan

Anda tentu tidak mengetahui apa yang terjadi di masa depan. Anda tentu memperhitungkan besaran dana yang dibutuhkan untuk renovasi. Sayangnya tak jarang ada kendala yang membuat anda terpaksa mengeluarkan dana tambahan untuk renovasi. Hal ini mengingatkan anda untuk selalu siap dengan dana tambahan yang mungkin timbul saat renovasi rumah berlangsung.

Jangan Lupa Asuransikan

Untuk menghemat biaya renovasimu anda juga bisa memanfaatkan asuransi rumah yang kini banyak ditawarkan. Asuransi rumah siap mengganti biaya renovasi rumah anda jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya saja apabila terjadi bencana alam yang membuat rumah anda rusak parah atau kebakaran. Asuransi rumah bisa jadi pilihan tepat untuk anda yang ingin berhemat ongkos renovasi.

Jika memang belum ada modal untuk renovasi namun perbaikan rumah dituntut untuk disegerakan maka anda juga bisa mengajukan pinjaman. Kini ada pula pinjaman renovasi rumah yang bisa anda cicil untuk pengembaliannya. Pastikan cicilan tidak lebih dari 30 % dari penghasilan yang anda miliki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *