Tips Rumah Dijual untuk Rumah yang Sudah Tua

Properti menjadi salah satu kebutuhan  untuk tempat tinggal dan tempat berlindung dari panas dan hujan. Tak heran jika harga jual rumah selalu meningkat setiap tahunnya. Sayangnya ada beberapa rumah yang harus turun harga karena beberapa hal. Salah satu factor yang membuat harga dari rumah yang anda tawarkan turun bisa jadi karena akses yang sulit, lokasi  tidak strategis maupun bangunan yang sudah tua.  Bagi anda yang memiliki rumah yang tergolong bangunannya sudah lama tentunya membutuhkan beberapa tips berikut ini. Siapa tahu dengan mengikuti tips berikut ini rumah yang anda tawarkan bisa terjual dengan harga yang anda inginkan.

Renovasi Untuk Bagian Yang Perlu Diperbaiki

Bangunan tua tentu memiliki beberapa kekurangan yang membutuhkan perbaikan. Cobalah untuk mengecek bangunan rumah anda. Cek apakah ada bagian rumah anda yang bocor atau rusak. Jika memang perlu perbaikan maka segera undang ahlinya untuk segera merenovasi. Jangan lupa hitung biaya renovasi yang dibutuhkan.

Sumber : http://jaknews.co.id/

Bersihkan Rumah dan Bikin Packaging Wow

Selain memperbaiki bagian rumah yang bocor atau rusak tentu anda harus merawat rumah anda. Anda perlu membersihkannya agar terlihat lebih rapid an tampilannya juga menarik. Anda bisa memotong rumput di halaman. Akan lebih baik lagi jika anda mencat ulang dinding rumah anda agar kesan bangunan tua yang reyot tak terurus tersebut  tidak melekat pada calon pembeli.

Perhitungkan Nilai Jual Rumah Anda

Selanjutnya anda patut memperhitungkan nilai jual rumah anda.  Perhitungkan biaya renovasi dan pengurusan surat yang diperlukan. Barulah anda memperhitungkan keuntungan yang hendak anda dapatkan. Tentunya anda juga perlu mengecek harga pasar rumah tua yang anda tawarkan.

Cari Agen Properti

Jika anda merasa kesulitan memasarkan rumah tua anda maka cobalah untuk mencari agen property. Biarkan pihak ketiga yang membantu anda untuk menemukan calon pembeli. Tentunya anda harus rela membayar komisi untuk pihak ketiga tersebut.

Open House

Tips berikutnya ialah lakukan open house. Undang beberapa relasi bisnis dan teman yang potensial  untuk membeli rumah anda. Tunjukkan sekeliling rumah dan paparkan keunggulan rumah anda. Melalui open house ini siapa tahu ada yang tertarik untuk membeli rumah anda. Buatlah kesan pertama yang menarik dengan desain interior yang kece, rapid an terawatt.

Persiapkan Dokumen Lengkap

Tidak lupa persiapkan dokumen yang dibutuhkan sebelum anda melakukan jual beli. Pastikan rumah anda tidak dalam sengketa. Jika rumah ini termasuk dalam warisan maka pastikan ahli waris sudah setuju untuk menjual rumah yang anda tawarkan. Persiapkan dokumen sebaik-baiknya sehingga tidak menghambat proses jual beli di masa depan.

Gunakan Jalur Online

Tak hanya melakukan promosi secara offline namun juga butuh berpromosi secara online. Anda bisa mencari website khusus yang memang menawarkan rumah sebagai produk onlinenya.  Dengan melakukan promosi online maka informasi tentang rumah anda cepat tersebar dan lebih murah.

Tentunya ada jeda waktu yang timbul saat rumah yang anda tawarkan belum laku. Rekrutlah penjaga rumah jika rumah tersebut tidak anda tempati. Selain bertugas menjaga rumah tentunya penjaga ini bisa pula merawat rumah anda. Anda juga bisa menyewakannya secara harian maupun bulanan sambil menunggu calon pembeli. Dengan cara ini anda bisa mendulang rupiah untuk menambeli biaya perawatan rumah yang anda tanggung selama proses penjualan. Bagaimana sudah siap untuk menjual rumah tua anda setelah mengecek beberapa tips diatas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *