Tips Sebelum Menyewa Rumah

Ada banyak faktor yang menyebabkan Anda harus menyewa rumah. Pertama, bisa saja rumah Anda sedang diperbaiki atau mengalami renovasi besar-besaran sehingga Anda harus mencari rumah sewaan sementara. Kedua, Anda belum beruntung untuk memiliki rumah sehingga harus puas dengan menyewa terlebih dahulu sebelum berhasil membeli rumah yang diimpikan. Ketiga, Anda bekerja atau kuliah di luar kota sehingga Anda harus mencari rumah yang bisa ditinggali selama berada di kota tersebut.

Terlepas dari apapun alasan untuk menyewa rumah, berikut ini akan kami bagikan beberapa tips sebelum menyewa rumah yang harus Anda lakukan. Tips-tips ini akan sangat berguna dan membuat Anda tidak menyesal saat berhasil menyewa rumah yang diinginkan.

Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki

Uang menjadi faktor penentu keberhasilan Anda dalam menyewa rumah. Tanpa ada dana, maka jelas Anda tidak bisa menyewa rumah bukan? Nah, sebelum melakukan pencarian rumah sewa sebaiknya Anda melakukan perhitungan berapa banyak dana yang ada. Bagaimana kondisi finansial Anda setelah menyewa rumah? Anda juga harus memikirkan pengeluaran bulanan yang harus Anda bayar saat menyewa rumah seperti tagihan listrik dan kebutuhan lainnya. Jika sekiranya, dana Anda tidak mencukup untuk menyewa maka tidak ada salahnya dengan memilih kos yang lebih murah.

Pastikan Rumah Layak Huni

Tips pertama adalah memastikan rumah yang akan Anda sewa layak huni. Tidak semua orang beruntung memiliki dana yang cukup untuk menyewa rumah, namun asal menyewa rumah karena harganya murah bukanlah hal yang bijak. Rumah menjadi  tempat Anda berlindung dari dunia luar, tentunya tempat ini harus benar-benar layak dan dalam kondisi yang baik. Anda bisa membuat daftar beberapa rumah yang disewakan dan membandingkan kondisinya beserta harga sewa. Dari sini, Anda bisa memutuskan rumah sewaan mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

Lakukan Survei Langsung

Tidak mungkin memang untuk mencari rumah sewaan secara langsung. Mayoritas orang bisa mendapat rumah sewaan dari iklan yang dipasang ataupun rekomendasi dari orang lain. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menyewa rumah tersebut Anda harus meluangkan waktu untuk meninjaunya. Selain kondisi rumah, survey ini juga dilakukan untuk melihat kondisi lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, kunjungan ini juga bisa Anda lakukan untuk mengenal tetangga di sekitar rumah. Selama menyewa di rumah tersebut tentunya Anda harus bersosialisasi dengan warga sekitar bukan? Menjalin hubungan baik lebih awal dengan tetangga akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi nantinya. Dengan mengunjungi langsung, Anda juga bisa memperkirakan apakah lokasi rumah tersebut sesuai dengan harga dan kebutuhan Anda.

Lokasi rumah ini penting menjadi pertimbangan khususnya untuk melihat berapa jauh jarak rumah dengan tempat kerja atau kuliah. Sangat merugikan jika lokasi rumah ternyata jauh sehingga Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi yang lebih lama. Selain itu, Anda juga harus melihat jarak rumah dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit atau fasilitas kesehatan hingga pusat perbelanjaan ataupun titik transportasi umum.

Baca Surat atau Dokumen Sewa dengan Teliti

Sebelum memutuskan untuk menyewa rumah dari orang lain, Anda harus membaca surat atau dokumen sewa dengan teliti. Pastikan aturan-aturan yang ada di dalam dokumen tidak merugikan Anda. Beberapa poin seperti tanggal kadaluarsa masa sewa, tarif sewa hingga biaya-biaya yang dibebankan kepada penyewa harus diperhatikan agar tidak memicu kesalahpahaman di masa mendatang.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *