Tips-Tips Sebelum Membeli Rumah

Tips-Tips Sebelum Membeli Rumah

Kebutuhan akan tempat tinggal terus meningkat setiap tahunnya. Sayangnya ketersediaan lahan tak sebanding dengan permintaan yang ada. Tak heran jika harga rumah sendiri tiap tahunnya mengalami kenaikan. Dalam membeli rumah tak hanya butuh dana saja namun juga perencanaan yang matang apalagi jika membelinya secara kredit.

Tips-Tips Sebelum Membeli Rumah

Terdapat beberapa poin yang perlu anda perhatikan apabila hendak membeli sebuah rumah diantaranya ialah sebagai berikut :

Kenali Dahulu Kebutuhan Rumah Yang Anda Butuhkan

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan saat memutuskan untuk membeli sebuah rumah ialah mengenali hunian yang anda butuhkan. Anda perlu mengetahui jumlah kamar yang dibutuhkan, apakah perlu memiliki garasi,  apakah bangunan harus bertingkat atau tidak dan lain sebagainya. Dengan membuat daftar kebutuhan hunian yang anda cari akan mempersempit pilihan rumah yang dicari dan mampu mengetahui modal yang perlu anda siapkan.

Lokasi dan Akses Hunian

Poin kedua selanjutnya ialah terkait lokasi dari tempat tinggal itu sendiri. Rumah dengan lokasi yang strategis tak hanya memberikan keuntungan di masa sekarang namun juga di masa depan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa akses ke hunian anda memiliki aksesibilitas tinggi. Dengan begitu baik anda maupun orang lain bisa dengan mudah menuju tempat tinggalmu. Pastikan pula bahwa lingkungan di sekitar hunian tergolong lingkungan yang aman baik dari segi bencana alam maupun kriminal.

Bangunan Rumah Layak Ditinggali

Bangunan rumah yang baik ialah layak huni dan kokoh. Inilah pentingnya anda melakukan house tour sebelum membeli rumah. Apabila rumah tersebut tergolong rumah lama maka perlu menanyakan berapa lama rumah tersebut sudah berdiri.  Rumah tua biasa memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan rumah baru.  Perhatikan material yang dipakai bangunan untuk mengetahui kekokohan bangunan tersebut. Misalnya saja penggunaan rangka atap baja ringan yang lebih baik ketimbang kuda-kuda kayu. Cek sistem drainase dan ventilasinya bekerja dengan baik.

Memiliki Dokumen Yang Lengkap

Anda juga perlu mengetahui apakah hunian yang ingin dibeli memiliki dokumen yang lengkap atau tidak. Misalnya saja bangunan sudah memiliki IMB atau memiliki surat kepemilikan rumah yang sah dimata hokum. Saat membeli rumah dari developer anda juga perlu menanyakan kapan sertifikat dapat dialihkan ke nama anda jika anda berniat untuk membeli hunian tersebut.

Pakai Agen Properti Jika Diperlukan

Anda juga bisa menggunakan jasa agen property yang anda percayai. Agen property ini bisa mencarikan rumah yang anda inginkan dengan modal uang yang anda sediakan. Cara ini bisa menghemat waktu dan tenaga anda dalam mencari rumah impian yang diinginkan.

Cara Cerdas Beli Rumah Dengan Gaji Pas-Pasan

Tips-Tips Sebelum Membeli Rumah

Untuk membeli sebuah rumah butuh modal yang tidak bisa dibilang sedikit. Tak heran bila hanya orang tertentu saja yang mampu membeli rumah hunian ini. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat membeli rumah dengan gaji yang masih pas-pasan.

Berhemat

Langkah pertama ialah biasakan diri untuk mengatur keuangan secara ketat. Belajarlah untuk hidup hemat agar pendapatan bisa disisihkan untuk tabungan membeli rumah.

Menabung Emas

Anda juga bisa menabung emas yang mana nilainya cenderung stabil ketimbang menabung uang. Nilai uang setiap tahunnya turun namun tidak dengan emas.

Pilih KPR bersubsidi

Anda juga bisa memilih kredit perumahan rakyat bersubsidi yang ditawarkan pemerintah akan hunian tempat tinggal. Pastikan anda memiliki pendapatan yang tetap agar terhindar dari kredit macet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *