Trik Sederhana Menata Rumah Sempit Agar Terkesan Lapang

Rumah merupakan tempat dimana anda bisa menjadi diri anda sendiri. Rumah menjadi tempat bertemunya keluarga anda dan beristirahat ketika lelah beraktivitas. Tipe rumah juga beragam ada yang kecil, sedang hingga rumah yang luas. Besar kecilnya rumah tentu  tergantung dari selera pemiliknya, lahan yang dimiliki hingga modal yang ada. Tak jarang beberapa orang harus rela tinggal di rumah yang sempit untuk berlindung dari panas dan teriknya matahari.  Biarpun sempit sebenarnya dengan menatanya sedikit rumah sempit yang anda miliki bisa terkesan lapang.

Pakai Cat Tembok Dengan Warna Terang

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengesankan ruangan yang lapang ialah mencat dinding rumah dengan warna terang.  Warna yang paling sering digunakan untuk mengesankan ruangan yang lapang ialah warna putih.  Cat dengan warna gelap akan menyerap cahaya dan membuat rumah anda terlihat semakin kecil.  Hindari pula meletakan furniture mepet dengan dinding sehingga berilah celah kecil dengan dinding untuk furniture rumah yang dimiliki.

Sumber : https://image.bluprin.com

Jendela dan Cermin Bisa Jadi Andalan

Anda juga bisa menggunakan jendela kaca besar untuk membuat ruangan yang terang dan lapang. Cermin juga bisa membuat ruangan keluarga anda terlihat lebih luas dan cerah. Gunakan furniture multifungsi agar ruangan anda tak dipenuhi banyak perabotan. Pakailah partisi kayu ketimbang membangun dinding pemisah antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Partisi kayu ini juga bisa digunakan sebagai rak untuk meletakan pajangan.

Furnitur Berkaki Panjang

Jika anda sedang berbelanja furniture  maka pilihlah yang memiliki furniture berkaki panjang.  Jika anda sedang ingin membeli sofa maka pilihlah kursi dengan bagian kaki kursi yang lebih panjang dan berongga. Begitu pula dengan lemari carilah yang memiliki kaki panjang sehingga mudah pula untuk dibersihkan jika sedang kotor.

Pilih Corak Bergaris Memanjang

Untuk menata rumah kecil anda terlihat lapang atau luas bisa memanfaatkan corak garis memanjang. Gunakan corak ini untuk karpet, gorden maupun lantai rumah anda.  Selain itu manfaatkan pencahayaan dengan menggunakan lampu yang mengarah pada bagian ceiling. Hal ini akan memberikan kamuflase bahwa ruangan anda tampak lebih tinggi.

Jangan Takut Tabrak Warna

Menjadi kreatif sangat diperlukan untuk menata rumah anda yang sempit. Jangan takut untuk  tabrak warna antara dinding dengan perabotan. Singkirkan pembatas agar ruangan terlihat lebih luas. Kurangi ornament yang tak penting dan  pasang wallpaper menarik.  Untuk motif wallpaper pilih yang memiliki motif kecil. Keuntungan menggunakan wallpaper ini ialah tampilan rumah anda jadi lebih menarik. Selain itu sebagai perlindungan terhadap air dan ruangan jadi lebih ketata.

Pintu Juga Mempengaruhi Lho!

Tak hanya jendela saja yang bisa mengesankan ruangan anda terkesan lapang atau tidak namun juga bisa dilihat dari pintu. Ada baiknya anda menggunakan pintu yang bia digeser karena tidak memakan banyak tempat.  Ada baiknya hindari penggunaan sekat dan dinding yang tidak perlu. Anda bisa menyatukan ruang makan dan dapur tanpa harus memisahkannya dengan sekat.

Lukisan

Anda juga bisa memasang lukisan dengan warna tegas untuk mempertegas interior ruangan. Gunakan lukisan dengan ukuran yang besar. Nah, untuk televisi tentu akan lebih baik jika anda menggantung televise pada tembok. Hal ini dapat mengurangi perabotan yang ada di atas lantai sehingga ruangan tidak terkesan penuh. Tidak lupa untuk merawat rumah anda agar selalu rapi dan bersih. Jangan malas untuk membersihkannya ketika memiliki waktu luang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *