Pengertian Beton Instan

pengertian beton instan

Pengertian Beton Instan – Sebagai orang awam pun anda pasti sering mendengar berbagai material bangunan seperti semen, pasir, dan lain sebagainya. Namun faktanya, pengetahuan dasar tentang bahan bangunan dan kawan-kawannya ini seringkali disepelekan oleh banyak orang. Apalagi jika kondisinya anda adalah orang yang ingin membangun rumah atau gedung.

Mayoritas dari anda pasti lebih memilih menyerahkan segala keputusan atau pertimbangan pada kontraktor atau kepala bangunan yang akan mengerjakan pembangunan ini kan? Padahal kenyataannya, jika anda memiliki pengetahuan dasar tentang bangunan dan material bangunan, maka kemungkinan besar anda bisa menghemat lebih banyak anggaran.

Pengertian Beton Instan

Nah, kali ini kita akan kembali dengan pengetahuan dasar dalam kegiatan membangun gedung atau rumah yaitu pengertian beton instan. Kenapa harus beton instan?  Faktanya, saat ini permintaan beton instan semakin meningkat mengingat semua pihak ingin pengerjaan pembangunan berjalan lebih cepat.

Beton instan merupakan semen instan siap pakai yang komposisinya terdiri dari semen, pasir, agregat dan juga aditif, di mana campuran solid ini sudah dikemas dalam karung. Komposisi yang digunakan untuk membuat beton instan ini juga sudah dihitung dengan tepat (atau disesuaikan dengan kebutuhan anda). Anda hanya perlu menambahkan air saja sebelum menggunakannya.

Faktanya, semen instan yang satu ini bisa anda gunakan untuk pengecoran beton sesuai dengan kebutuhan dan juga kekuatan perencanaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada dasarnya beton instan ini diproduksi dalam beberapa tipe sebagai berikut ini:

  • B0 yaitu beton instan yang bisa digunakan untuk lantai kerja atau Lean Concrete
  • K 175 yaitu beton instan yang bisa dipergunakan untuk melakukan pengecoran non struktur seperti sloof dan lain-lain.
  • K 225 – K 550 atau K-100 sampai dengan K-500 merupakan jenis-jenis beton instan yang biasa digunakan untuk struktur bangunan seperti kolom, balok, dinding beton dan juga plat lantai.
  • Mutu Khusus merupakan beton instan yang spesifikasinya disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Apa Saja Kelebihan Penggunaan Material Beton Instan Untuk Pembangunan

Beberapa dari anda saat ini mungkin masih bertanya-tanya kenapa harus menggunakan beton instan? Nah, berikut ini kami sebutkan beberapa kelebihan penggunaan beton instan untuk pembangunan secara umum:

  • Lebih praktis dan ekonomis karena tinggal ditambah air dan diaduk hingga merata. Ini jelas menghemat waktu, tenaga dan uang anda kan?
  • Kualitas dan mutu lebih terjamin karena campuran material yang digunakan konsisten saat dicampur di pabrik. Berbeda dengan cor manual di mana kadang perhitungan komposisi yang digunakan tidak tepat atau pas.
  • Dapat digunakan sebagai produk repair atau untuk penebalan kolom atau balok. Fungsi yang satu ini tentu cukup membantu proses pembangunan agar bisa selesai lebih cepat kan?
  • Efektif dan efisien dalam hal penyimpanan dan pengangkutan karena langsung dikirim dari pabrik menggunakan kendaraan khusus ataupun karung (untuk jumlah kecil). Dengan begini, anda tidak perlu repot menyiapkan tempat untuk menyimpan.
  • Lebih bersih karena tidak menimbulkan terlalu banyak debu dan kotoran seperti cor biasa. Faktor kesehatan dan ramah lingkungan cukup menjadi alasan kuat kenapa beton instan menjadi populer belakangan ini.
  • Fleksibel karena bisa menjangkau area atau tempat pembangunan yang sulit. Membangun di daerah atau area yang sulit seringkali menghambat proses pembangunan dan mengancam keselamatan pekerja.
  • Jenis mutu atau kualitas beton instan beragam sehingga memudahkan anda dalam memilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *