Tips Membeli Besi Beton Berkualitas Baik

Dalam membangun sebuah bangunan maka bahan besi beton selalu dibutuhkan. Penggunaan besi beton sendiri dimulai pada tahun 1850 oleh warga Perancis bernama Joseph Monier dan Joseph Lambot.  Pada tahun 1867 maka besi betonpun kahirnya dipatenkan oleh Joseph Monier. Keunggulan besi beton ini ialah lebih kuat namun ringan dan bisa dipakai untuk bangunan besar seperti jembatan, bendungan dan lainnya. Besi beton kini dikenal sebagai beton bertulang yang  terdiri dari dua bentuk yakni besi polos dan besi beton ulir. Beton sendiri ialah campuran antara batu kerikil, pasir dan semen. Untuk penahan beban maka besi beton inipun ditahan dengan diberi kerangka yang terbuat dari susunan besi.  Untuk memilih besi beton dengan kualitas yang baik maka simak dulu tips – tips berikut ini:

Sumber : http://www.surapathi.com/

Pahami Dulu Jenis Besi  Betonnya

Langkah awal yang perlu anda lakukan dalam memilih besi beton adalah mengenal jenis besi beton.  Besi beton terbagi atas dua jenis yakni beton polos dan beton ulir. Beton polos memiliki karakter mudah untuk dibentuk dengan permukaan yang polos. Untuk beton ulir biasanya sulit untuk dibentuk dan memiliki sirip.  Umumnya banyak yang menggunakan besi ulir karena memiliki ketahanan tekan minimal 400 Mpa sedangkan besi polos hanya berkisar 240 Mpa. Untuk besi beton polos sangat mudah ditemukan dipasaran namun besi ulir hanya tersedia dalam distributor besar saja.

Pilihlah Besi Beton Sesuai Standar SNI

Tak hanya helm saja yang memiliki standar SNI sebab betonpun memiliki standar nasionalnya sendiri. Standar besi beton ditentukan melalui SNI 2052-2014 terkait baja tulangan beton pada kontruksi beton. Dalam standar SNI tersebut dikatakan bahwa tulangan beton tidak boleh mengandung lipatan,retakan, gelombang maupun serpihan. Panjang tulangan beton haruslah berukur 10 meter dan 12 mm dengan toleransi panjang maksimum 70 mm. pastikan tingkat kekerasan besi beton tersebut memiliki tingkat kekerasan yang baik. Anda bisa mengeceknya melalui alat bernama hardness tester yang iasa digunakan untuk mengukur ketahanan bahan logam dan non logam.

Ketahui Ukuran Besi Beton Yang Dibutuhkan

Tersedia pula tiga ukuran besi beton yakni ukuran kecil, sedang dan besar.  Belilah besi sesuai dengan kebutuhan ukuran besi beton yang dibutuhkan. Jika tidak sesuai maka bisa saja bangunan anda akan roboh suatu hari. Pilihlah ukuran beton yang memiliki diameter penuh dengan ukuran standar yakni 12 meter.  Untuk pembangunan proyek gedung dengan menggunakan besi ulir biasanya dibutuhkan ukuran 12 mm dan 14 mm. Apabila besi yang anda beli memuai atau menyusut maka besi beton tersebut tidak layak lagi digunakan atau tidak memenuhi standar SNI.

Percayakan Pada Merk Terpercaya

Bagi beberapa orang lebih suka membeli besi beton pada merk tertentu yang telah terbukti kualitasnya. Dipasaran memang terdapat beberapa merk besi beton yang difavoritkan sehingga sering direkomendasikan. Soal harga tentu saja menyesuaikan dengan kualitas barang yang anda beli begitu pula tergantung pada reputasi merk itu sendiri. Jika merknya belum dikenal atau masih termasuk produk baru maka harganya biasa ditawarkan lebih murah.

Nah itulah tadi beberapa cara memilih besi beton yang baik untuk bangunan anda. Untuk mendapatkan barang berkualitas pastikan pula anda mendapatkannya dari distributor resmi.  Anda juga bisa mendapatkan beton berkualitas melalui anekabangunan.com. tersedia beton instan yang lebih hemat dan praktis untuk digunakan. Gak percaya? Buktikan saja sekarang dan segera kunjungi websitenya di anekabangunan.com .

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *