Trik Membuat Kolam Renang Di Lahan Sempit

Trik Membuat Kolam Renang Di Lahan Sempit

Kolam renang merupakan salah satu konstruksi buatan yang didalamnya diisi dengan air. Kolam renang bisa jadi hiburan didalam rumah anda. Anda bisa berenang, menyelam atau melakukan aktivitas air lainnya di kolam renang. Umumnya rumah yang memiliki lahan yang luas bisa membangun kolam renang. Biarpun begitu ternyata rumah dengan lahan sempitpun bisa memiliki kolam renang sendiri.

Trik Membuat Kolam Renang Di Lahan Sempit

Yuk ikuti beberapa trik untuk membuat kolam renang di lahan sempit berikut ini !

Ketahui Luas Minimal Kolam Renang

Untuk kolam renang dengan lahan sempit ada baiknya memiliki ukuran 6 x 2 meter jika bentuknya memanjang. Lahan yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang ini haruslah 8 meter x 2 meter. Tidak lupa pilih skimmer untuk sistem pengairan kolam renang minimalis. Sistem skimmer merupakan sistem pengairan yang mampu membersihkan kolam renang anda secara otomatis. Untuk kolam renang yang luas biasa memakai sistem overflow  dilengkapi dengan alat sirkulasi air untuk menggerakkannya.

Pakai Bentuk Oval

Bagi anda yang ingin memiliki kolam renang walau lahannya sempit maka gunakan bentuk oval. Kolam renang bentuk oval mampu menyatu dengan landscape alam disekitarnya. Kolam renang untuk rumah yang memiliki lahan sempit juga bisa berbentuk persegi panjang untuk lahan kosong yang tersedia di sudut bangunan dan terbatas.

Gunakan Material Kasar

Untuk permukaan kolam renang, gunakan material yang kasar agar anda tidak mudah tergelincir.  Pilih material pijakan yang kasar. Anda bisa memilih keramik lantai yang teksturnya kasar. Anda bisa memakai kerikil maupun batu hias.  Lebih baik lagi jika disekitar kolam renang terdapat tanaman yang rimbun untuk melindungi beberapa sisi kolam renang dari matahari dan  agar terasa lebih sejuk. Pastikan tanaman rimbun yang andataman tidak mudah rontok daunnya.

Pilihan Bahan Konstruksi Kolam Renang

Ada dua bahan pilihan bahan kontruksi utama yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang yaitu beton dan fiber. Apabila anda memiliki budget yang lumayan besar maka bisa menggunakan bahan beton. Bahan beton dikenal memiliki kerapatan yang tinggi, kuat dan sifatnya lebih awet dibandingkan bahan lainnya. Jika modal anda terbatas maka bisa memilih  material fiber yang lebih murah ketimbang beton.

Kedalaman Kolam Renang Bisa Kurang Dari 2 Meter

Untuk kedalaman kolam renang bisa sekitar 1-1.5 meter. Desain kolam renang dengan tepi tak terbatas yang tingginya selevel dengan permukaan tanah.  Tidak lupa untuk merawat kolam renang setelahnya agar tidak mudah keruh dan tidak merusak konstruksinya. Untuk membuat kolam renang idaman anda jangan lupa membuat perhitungan untuk budget dari kolam renang itu sendiri.

Cara Merawat Kolam Renang

Trik Membuat Kolam Renang Di Lahan Sempit

Untuk menjaga konstruksi kolam renang anda perlu rajin merawat kolam renang itu sendiri. berikut cara sederhana untuk merawat kolam renang yang bisa anda lakukan :

Gunakan Filter Air

Untuk memisahkan kotoran dari air kolam renang anda bisa memakai filter air. Semakin tinggi kapasitas filter air maka semakin baik pula kualitas air yang dihasilkan.

Bersihkan Secara Rutin

Tidak lupa bersihkan kolam renang secara rutin untuk mencegah lumut. Anda bisa menyikat kerak yang menempel pada kolam renang. Anda bisa memakai Algaecidae untuk setiap seminggu sekali. Anda juga bisa memakai jaring untuk mengambil sampah plastic maupun daun yang jatuh ke kolam renang.

Jaga Keasaman

Penting untuk menjaga keasaman air kolam yakni berkisar 80-120 ppm. Anda bisa menambahkan baking soda untuk menyeimbangkan keasamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *