Perbaikan pada Beton

Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang kini banyak jadi pilihan untuk membangun rumah selain batu bara. Jenis beton paling dasar ialah beton portland yang terdiri dari semen, kerikil,air dan pasir. Beton ini ukurannya jauh lebih besar dari batu bata sehingga penggunaannya tak sebanyak saat anda memakai batu bata. Kelebihan dari beton ini ialah mudah didapatkan di lingkungan sekitar anda. Beton juga mudah dibentuk sesuai kebutuhan serta kuat untuk tekanan tinggi. Beton juga tahan akan suhu tinggi sehingga aman jika terjadi kebakaran atau bencana alam. Beton sangat direkomendasikan digunakan di daerah yang dingin karena mampu menyerap panas dengan baik. Biaya pemeliharaan ya juga lebih murah serta harganya jauh dibawah bahan baja.

Ciri Beton Yang Baik

Beton yang kuat dan tahan akan tekanan tentu baik untuk digunakan pada bangunan yang membutuhkan konstruksi kokoh. Untuk mengetahui beton yang anda gunakan merupakan beton kualitas unggul bisa pula dengan mengecek beberapa poin berikut ini :

Tidak Cacat

Beton yang baik ialah beton yang tidak memiliki rongga-rongga dan padat. Apabila terdapat rongga dikhawatirkan beton ini akan keropos dan membuat bangunan mudah hancur. Daya tahan sebuah beton bisa anda lihat dari tampilan padatnya beton. Semakin tidak ada rongga dan padat maka semakin kuat beton tersebut.

Kedap Air

Beton berkualitas unggul juga tidak kedap air . Air mampu meningkatkan korositas kerapatan dari beton itu sendiri. Alhasil beton yang anda gunakan akan mudah lembab dan hancur karena kelembapannya. Beton yang lembab tidak mampu menahan tekanan yang besar pula.

Padat dan Tidak Menggumpal

Beton yang baik harusnya tidak menggumpal dan cenderung padat. Beton yang digunakan haruslah keras dan tidak mengandung logam. Selain itu beton yang baik juga hanya memiliki maksimal kasar 2% untuk kandungan tanah liat, debu dan lumpur. Beton yang baik juga tidak mengandung garam,minyak dan bahan kimia lainnya.

Perbaikan Pada Beton

Jika anda hendak memperbaiki beton yang cacat sebenarnya bisa asal teliti dan sabar. Ada beberapa cara untuk melakukan perbaikan pada beton diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Perbaikan pada Beton – Patching Spaling

Patching atau sering merupakan metode perbaikan beton dengan cara penambalan. Metode ini hanya digunakan untuk retak yang kurang dari 0.3 mm. Beton yang retak dibersihkan dari debu kemudian ditambal dengan bahan group. Setelah anda tambal dengan bahan group kemudian lakukan proses curing. Metode ini cocok untuk beton yang retak di lantai.

  1. Perbaikan pada Beton – Shotcrete

Apabila keretakan yang terjadi begitu luas maka sebaiknya gunakan metode shotcrete. Ada dua jenis sistem pada shotcrete yakni dry mix dan wet mix. Seperti namanya dry mix merupakan campuran kering yang nantinya akan ditembakkan pada beton. Wet mix ialah campuran basah yang ditembakkan pada beton agar seragam.

  1. Perbaikan pada Beton – Injection

Keretakan yang terjadi pada struktur sebaiknya menggunakan metode injection. Metode injection ini memakai material epoxy dengan viskositas rendah. Dengan begitu bagian beton akan mampu melekat dengan kuat kembali. Anda bisa melakukan metode ini memakai mesin atau secara manual.

  1. Perbaikan pada Beton – Grouting

Cara perbaikan pada beton yang terakhir merupakan metode groutung. Metode ini ialah pengecoran dengan menggunakan bahan non shrink mortar. Dalam metode ini anda harus benar-benar yakin bahwa tidak ada kebocoran. Air yang mengundang keroposan. Anda bisa menggunakan pompa atau secara manual untuk memperbaiki beton dengan cara grouting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *